Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dan Keterampilan Reseptif Terhadap Kemampuan Menulis Teks Nonfiksi Siswa Kelas VI Gugus 02 Kecamatan Paron Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun Pelajaran 2021/2022

Eithy Kusumaningrum

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menguji: 1)  besarnya pengaruh pendekatan CTL terhadap kemampuan menulis teks nonfiksi; 2) besarnya pengaruh keterampilan reseptif terhadap kemampuan menulis teks nonfiksi; 3) interaksi antara pendekatan CTL (contextual teaching learning) dan keterampilan reseptif secara bersama-sama dalam mempengaruhi kemampuan menulis teks nonfiksi siswa kelas VI Gugus 02 Kecamatan Paron pada masa pandemi covid 19 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VI SDN segugus 02 Paron Kabupaten Ngawi. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai dengan September 2021. Sampel diambil sebanyak 4 SD sejumlah 106 siswa dengan teknik sampling ialah multyple stage purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis varians dua jalan. Pengujian hipotesis model pembelajaran diperoleh F hitung sebesar 11,29 dan signifikansi 0,000; Fh keerampilan reseptif diperoleh sebesar 122,34 dengan signifikansi 0,00. Fh interaksi model pembelajaran dan keterampilan reseptif sebesar 5,50 dengan signifikansi 0,02. Penelitian menyimpukan bahwa: 1) Ada Pengaruh penggunaan Pendekatan CTL (contextual teaching learning) terhadap kemampuan menulis teks nonfiksi. 2) Ada Pengaruh Keterampilan reseptif terhadap kemampuan menulis teks nonfiksi. 3) Ada interaksi antara penggunaan pendekatan CTL (contextual teaching learning) dan keterampilan reseptif dalam mempengaruhi kemampuan menulis teks nonfiksi siswa kelas VI Gugus 02 Kecamatan Paron tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords


pembelajaran kontekstual; keterampilan reseptif; menulis teks nonfiksi

Full Text:

PDF

References


Ghofur, Abdul. 2020. Covid 19 Dalam Ragam Perspektif: Menjadi Guru Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Mbridge Press.

Halimah, Andi. 2014. Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di SD/MI. AULADUNA, VOL. 1 NO. 2 DESEMBER 2014: 190-200.

Hudson, Clemente Charles & Vesta R. Whisler. 2017. Contextual Teaching and Learning for Practitioners. Systemics, Cybernetics and Informatics Volume 6 - Number 4 ISSN: 1690-4524.

Kemendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Mulyati, Yeti. 2008. Keterampilan berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saragih, Amrin. 2016. Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013 Text-Based Learning In The Curriculum 2013. Universitas Negeri Medan. MEDAN MAKNA Vol. 14 No. 2 Hlm. 197 - 214 Desember 2016 ISSN 1829-9237

Wakhudin. 2020. Covid 19 Dalam Ragam Perspektif : Quasi Homeschooling: Pendidikan Alternatif Saat Wabah Covid-19 (Studi Etnografis Pada Warga Sekolah Dasar Di Eks Karesidenan Banyumas). Yogyakarta: Mbridge Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 105 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats