Implementasi Design Thinking Process Framework Dalam Content Digital Product Development Informasi LENTERA UNIPMA

Dimas Setiawan, Yoga Prisma Yudha, Bayu Saputra, Muchammad Rizqi W

Abstract


Sistem informasi LENTERA (Learn Technology and Entrepreneur Character) dirancang untuk mendukung ketercapaian visi UNIPMA dan mendukung program smart city di kota Madiun.Tujuan LENTERA diantaranya Membentuk Ekosistem Social Learning secara daring dimana didalamnya membahas hal khusus seputar Teknologi di berbagai bidang yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen di berbagai program studi yang ingin memberikan wawasan dan mempelajari perkembangan teknologi di berbagai bidang. Membentuk Ekosistem Social Learning secara daring untuk membentuk karakter Entrepreneur di kalangan civitas akademik Universitas PGRI Madiun. Dalam proses pengembangan terakhir, redesain rancangan dengan memanfaatkan prinsip Agile,  menghasilkan uji rancangan bernilai 73 poin dengan kategori “Bagus” dari pengembangan rancangan sebelumnya yang hanya bernilai 43 poin. Sehingga pada tahap selanjutnya dapat dilakukan pengisian konten digital LENTERA dengan memanfaatkan Design Thinking Process Framework. Konten digital ini melibatkan pembuatan video mini course setiap materi pembelajaran, lengkap dengan informasi berupa inforgrafis, berita, serta kondisi persuasif yang ditujukan untuk karakteristik calong pengguna lentera. Secara keseluruhan penerapan konten digital pada produk LENTERA dengan pendekatan design thinking process bisa dilakukan, menghasilkan nilai kebergunaan sebesar 73 poin dengan keterangan baik, namun terdapat beberapa masukan pada ketidakonsistensinan penggunaan bahasa pada sistem yang dibuat di seluruh halaman LENTERA, dan baiknya untuk jenis kursus diperbanyak dan dikelompokkan agar perbedaan antara fasilitas kursus teknologi dan entrepreneurnya bisa mudah dan jelas terlihat oleh calon pengguna.


Full Text:

PDF

References


D. Setiawan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi LENTERA Untuk Membentuk " Smart Society “ Di Lingkungan Kampus Menggunakan Metode OOAD ( Studi Kasus : Universitas PGRI Madiun ),” pp. 155–159, 2019.

D. Setiawan and M. Lenawati, “Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 3, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.25273/research.v3i1.4728.

U. Peter Ozioma, A. Bethran Chibuike, A. Alphonsus Onyekachi, and A. V.C, “Development of a Visual Semantic Web Ontology Based Learning Management System,” Int. J. Eng. Appl. Sci. Technol., vol. 6, no. 10, pp. 226–238, 2022, doi: 10.33564/ijeast.2022.v06i10.030.

A. Benyounes, R. Boudjehem, and Y. Lafifi, “Study of the impact of collaboration among learners during the learning of ‘Object-Oriented Programming,’” FL2020, 8th Int. Conf. Futur. Learn. Informatics “Data Revolution,” pp. 55–56, 2020.

D. Setiawan, Y. D. Wijaya, and C. D. Rukminingtyas, “PERANCANGAN DAN EVALUASI DESAINWIREFRAME SISTEM INFORMASI LENTERA,” pp. 531–537, 2020.

D. Setiawan and N. Rafianto, “Pengukuran usability pada learning management system perguruan tinggi menggunakan pedoman system usability scale,” Teknologi, vol. 10, no. 1, pp. 23–31, 2020, doi: 10.26594/teknologi.v10i1.2010.

D. Setiawan, N. Rafianto, T. D. S, I. B. K, and A. Setianto, “Implemtasi Scrum & Agile Pada Pengerjaan Sistem Informasi Lentera,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 61–75, 2021.

C. R. Becker, Learn Human-Computer Interaction: Solve Human Problems and Focus on Rapid Prototyping and Validating Solutions Through User Testing. Brimigham: PacktPub, 2020.

J. Yablonski, Laws of UX. O’Reilly, 2020.

A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, p. 219, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.

E. M. Albay and D. V. Eisma, “Performance task assessment supported by the design thinking process: Results from a true experimental research,” Soc. Sci. Humanit. Open, vol. 3, no. 1, p. 100116, Jan. 2021, doi: 10.1016/J.SSAHO.2021.100116.

K. Y. Lin, Y. T. Wu, Y. T. Hsu, and P. J. Williams, “Effects of infusing the engineering design process into STEM project-based learning to develop preservice technology teachers’ engineering design thinking,” Int. J. STEM Educ., vol. 8, no. 1, pp. 1–15, Dec. 2021, doi: 10.1186/S40594-020-00258-9/TABLES/7.

S. Grönman and E. Lindfors, “The Process Models of Design Thinking,” Des. Technol. Educ., vol. 28 (2), no. 2016, pp. 110–118, 2021.

D. Setiawan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi LENTERA Untuk Membentuk" Smart Society “Di Lingkungan Kampus Menggunakan Metode OOAD (Studi Kasus …,” Pros. Semin. Nas. Teknol. …, pp. 155–159, 2019.

M. Lynch, U. Kamovich, K. K. Longva, and M. Steinert, “Combining technology and entrepreneurial education through design thinking: Students’ reflections on the learning process,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 164, p. 119689, Mar. 2021, doi: 10.1016/J.TECHFORE.2019.06.015


Article Metrics

Abstract has been read : 459 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v5i2.13494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.