Manajemen Praktek Kerja Lapangan Menggunakan Metode RAD dan Pengujian SUS pada Instansi SMK dan CV
DOI:
https://doi.org/10.25273/research.v2i02.5172Keywords:
e-goverment, RAD, USU, Sistem InformasiAbstract
Abstrak — Praktek Kerja Lapangan (PKL) diberikan untuk siswa sekolah menengah kejuruan yang sudah memasuki kelas 2 atau kelas XI SMK. Tujuan PKL adalah untuk memberikan kemampuan dan pengalaman bagi siswa untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah dimiliki didunia kerja. Sebelum mengikuti PKL sekolah sudah membekali siswa dengan kemampuan dasar dalam kegiatan kerjanya. Dengan demikian siswa yang mengikuti praktek kerja Lapangan akan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja tempat dia ditempatkan. Namun pada kenyataannya harapan tersebut tidak dapat terpenuhi. Banyak kasus penyaluran siswa prakerin yang tidak sesuai dengan yang diharapkan baik oleh sekolah maupun oleh siswa. Selain itu pemantauan serta pendaftaran manual yang dilakukan oleh guru pembimbing terlihat cukup sulit, mengingat tempat pelaksanaan dan waktu yang dibutuhkan untuk memonitoring masing - masing siswa yang mengikuti prakerin jaraknya cukup jauh dan membutuhkan biaya akomodasi yang cukup tinggi. Dengan adanya permasalahan tersebut, sistem yang dibuat dengan menggunakan metode RAD (Rapid Development Application) mampu mengatasi permasalahan tersebut. Dengan melihat hasil uji coba menggunakan pengukuran SUS (System Usability Scale), Sehingga tujuan dan harapan dari pelaksanaan kegiatan tersebut dapat tercapai serta peningkatan kualitas pelaksanaan kegiatan siswa prakerin sesuai dengan keilmuan yang sudah didapatkan.
Downloads
References
A. M. Palerangi and F. R. Baharuddin, “Kontribusi pelaksanaan prakerin dan motivasi belajar terhadap hasil prakerin siswa smk,†vol. 38, no. 2, pp. 167–176, 2015.
D. Wardani, “KONTRIBUSI KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KESIAPAN KERJA PRAKTEK KERJA INDUSTRI (Studi Terhadap Peserta Didik Kelas XI SMKN Kota Bandung),†J. Penelit. Pendidik., vol. Edisi Khus, no. 2, pp. 154–163, 2011.
I. P. Sari, Y. Yunus, and J. Santony, “Penempatan Lokasi Praktek Kerja Industri yang tepat dengan Metode Profile Matching,†vol. 16, no. 1, pp. 51–56, 2018.
P. W. Ningsih, T. Lusiani, and V. Nurcahyawati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Berbasis Web (Studi Kasus: SMK Al-Azhar Menganti Gresik),†J. Sist. Inf. Komput. Akunt., vol. 1, no. 1, 2012.
G. A. Susanto, E. Darmanto, and M. A. Arifin, “Sistem Monitoring Praktek Kerja Lapangan (Pkl) Pada Smk Assa’Idiyyah,†Pros. SNATIF, pp. 255–260, 2016.
A. Rohman and Herlawati, “Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada SMK Taruna Bangsa Bekasi,†Bina Insa. Ict J., vol. 4, no. 2, pp. 197–208, 2017.
A. H. Sumitro, “ANALISIS METODE TOGAF ARCHITECTURE DEVELOPMENT,†no. Selisik, pp. 1–7, 2018.
T. Wahyuningrum and D. Januarita, “Perancangan Web e-Commerce dengan Metode Rapid Application Development ( RAD ) untuk Produk Unggulan Desa,†vol. 2014, no. November, pp. 81–88, 2014.
D. Metode, C. Dan, V. It, and Y. Hendrian, “Analisis Tata Kelola Dan Perencanaan Investasi Teknologi Informasi,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. V, no. 1, pp. 105–112, 2019.
S. Mania, “Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran,†Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 11, no. 2, pp. 220–233, 2008.
A. Bangor, T. Staff, P. Kortum, J. Miller, and T. Staff, “Determining what individual SUS scores mean: adding an adjective rating scale,†vol. 4, no. 3, pp. 114–123, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).