Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal

Liya Atika Anggrasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital dengan mengimplementasikan pembelajaran online (e-learning) yang dilakukan di era new normal pada pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester IV kelas A Prodi PGSD Universitas PGRI Madiun. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan skor siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga didapat hasill skor rata-rata kelas meningkat dari yang hanya 64 dengan ketuntasan 65%, pada siklus kedua mulai meningkat menjadi 75.45 dengan ketuntasan 72.5%, hingga pada siklus ketiga mencapai nilai rata-rata kelas 85.15 dengan ketuntasan 87%. Dengan pengimplementasian pembelajaran online (e_learning) juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Media&Pengembangan Bahan Ajar. Secara bertahap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Media&Pengembangan Bahan Ajar mengalami peningkatan.

Keywords


e-Learning; Kemampuan literasi digital; Pendidikan new normal

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Atep, S., & Dewi, R. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD : apa , mengapa , dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–7.

Azhar, E. I., Hui, D. S. C., Memish, Z. A., Drosten, C., Zumla, A., & Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Infect Dis Clin North Am, 33, 1–5.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/8629

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Bramasta, D. B. (2020). Mengenal Apa Itu New Normal di Tengah Pandemi Corona. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/20/063100865/mengenal-apa-itu-new-normal-di-tengah-pandemi-corona-

Inskip, C. (2020). Developing Library Staff Digital Literacies. Digital Literacy Unpacked, 139–152. https://doi.org/10.29085/9781783301997.012

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66. Retrieved from http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 241–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Paolo Celot, J. M. P. T. (2009). Study on Assessment Criteria for Media Literacy Levels Final Report. In the European Commission Directorate General Information Society and Media; Media Literacy Unit. Brussels. Retrieved from http://www.iamcr.org/files/jre_2009/jre09_jose_perez_tornero_et_al.pdf

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21ST CENTURY SKILLS - Learning For Life In Our Times. San Francisco: Jossey-Bas.

Ulum Bahrul; Delora Jantung Amelia. (2019). Analisis Critical Understanding Dalam Literasi Media Sosial Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Malang. Widyagogik, 7(1), 50–58.

Wiranda, T., & Adri, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. VoteTEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 2302–3295.

Zhou, L., Li, F., Wu, S., & Zhou, M. (2020). “School’s Out, But Class’s On”, The Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as an Example. Best Evidence of Chinese Education, 4(2), 501–519. https://doi.org/10.15354/bece.20.ar023


Article Metrics

Abstract has been read : 697 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats