Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922

Keywords:

Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi, Penguasaan Konsep, Model RADEC.

Abstract

Meningkatkan kemampuan penjelasan ilmiah dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran adalah salah satu tujuan utama dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa melalui implementasi model pembelajaran Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create (RADEC). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Jumlah Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan menulis dan penguasaan konsep. Data dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas dan uji t menggunakan program SPSS versi 20.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa skor prates kemampuan menulis siswa sebesar 48,1 dan skor pascates sebesar 68,9. Berdasarkan hasil uji t kemampuan menulissiswa diketahui bahwa p=0,00˂0,05. Dengan demikian dapat ditafsirkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran dengan model RADEC. Sementara pada penguasaan konsep siswa  diperoleh hasil bahwa skor prates siswa sebesar 36,9 dan skor pascates sebesar 78,5. Kemudiandari hasil uji t diketahui bahwa  p=0,00˂0,05 artinya penguasaan konsep teks eksplanasi siswa juga mengalami peningkatan secara signifikan  setelah diberikan pembelajaran melalui model RADEC.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dadan Setiawan, Indonesia University of Education

Education

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Akkaya, N., & Kirmizi, F. S. (2010). Relationship between attitudes to reading and time allotted to writing in primary education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4742–4746.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.761.

Alexander, K. P., DePalma, M. J., & Ringer, J. M. (2016). Adaptive Remediation and the Facilitation of Transfer in Multiliteracy Center Contexts. Computers and Composition, 41, 32–45. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2016.04.005.

Bakry, M. S., & Alsamadani, H. A. (2015). Improving the Persuasive Essay Writing of Students of Arabic as a Foreign Language (AFL): Effects of Self-Regulated Strategy Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 89–97. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.742.

Bloom, S. E. (1974). Current knowledge about the avian W chromosome. BioScience, 24(6), 340-344. https://doi.org/10.2307/1296739.

Cahyani, I. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.

Carroll, J. B. (1963). A model of school learning. Teachers college record. Retrieved from http://garfield.library.upenn.edu/classics1982/A1982NF37300001.pdf.

Celce-Murcia, M. (2001). Teaching English as a second or foreign language (3th ed.). Boston: Heinle & Heinle.

Decker, S. L., Roberts, A. M., Roberts, K. L., & Stafford, A. L. (2016). Cognitive components of developmental writing skill, 53(6). https://doi.org/10.1002/pits

Emilia, E. (2012). Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung: Riqi Press.

Lukmanudin. (2018). Penguasaan Konsep IPA dan Kemampuan Menjelaskan Fenomena Perpindahan Zat Pencemar Melalui Pembelajaran RADEC (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012).

Özdemir, E., & Aydın, S. (2015). The Effects of Wikis on Motivation in EFL Writing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2359–2363. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.241.

Paul, D. (2007). Teaching English to Children in Asia. Hongkong: Pearson Education Asia Limited.

Pratiwi, N., Sopandi, W., & Rosdiono, M. (2018). The Students’ Conceptual Understandings on Global Warming through Read-Answer- Disscuss-Explain-and Create (RADEC) Learning. Proceedings of International Conference on Elementary Education, 635–639.

Sopandi, W., & Handayani, H. (2019). The Impact of Workshop on Implementation of (RADEC) Learning Model on Pedagogic Competency of Elementary School Teachers. International Conference of Innovation in Education (ICoIE) 178, pp. 7-11.

Sopandi, W. (2017). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education, 8(229), 132–139.

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thorndike, R. L. (1976). Reading comprehension education in fifteen countries: International Studies in Evaluation. New York: Wiley.https://doi.org/10.1086/445874.

Vygotsky, L.S. (1962). Thought and Language: Kap. 6 The Development of Scientific Concepts in Childhood, Ãœbersetzt von Eugenia Hanfmann und Gertrude Vakar, New York and London: MIT Press - John Wiley & Sons, Inc, S.

Zandvakili, E., Washington, E., Gordon, E., & Wells, C. (2018). Mastery Learning in the Classroom : Concept Maps, Critical Thinking, Collaborative Assessment ( M3CA ) Using Multiple Choice Items (MCIs), 7(6), 45–56. https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p45.

Downloads

Published

2019-12-18

How to Cite

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922

Issue

Section

Articles