Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon

Erna Labudasari, Eliya Rochmah

Abstract


Latar belakang permasalahan adalah (1) Kurangnya kemandirian siswa dalam belajar dilihat dari jumlah siswa yang selalu ditemani orangtua ketika di sekolah, dan (2) Belum maksimalnya implementasi gerakan literasi sekolah di SDN Kanggraksan. Oleh karena itu, penanaman karakter mandiri perlu diterapkan sejak dini karena dengan kuatnya karakter mandiri pada siswa maka akan meningkatkan kepercayaan diri baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap nilai karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN Kanggraksan yang berjumlah 306 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 161 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil temuan diperoleh bahwa ada pengaruh antara gerakan literasi sekolah terhadap nilai karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 22.9%.


Keywords


Literacy; Independent; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Chaplin, J.P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Efendi, M. (2016). Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Jossberger, Helen. (2011). Toward Self Regulated Learning in Vocational Education: Difficulties and Opportunities. Heerlen: Universitaire Pers Maastricht

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar.

Labudasari, Erna. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar

Lizawati, L., & Uli, I. (2018). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan di IKIP PGRI Pontianak. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 140-149.

Majid, N. W. A., & Rochmah, E. (2018). Self Regulated Learning Strategy In Elementary School. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(1), 167-173.

Nuswantari, N. (2018). Model Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi Untuk Anak Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 41-53.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Rochmah, E. (2015). Pengaruh Self Regulated Learning, Gaya Belajar, dan Pola Asuh Orangtua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kejuruan se-Kecamatan Weru (Doctoral dissertation, Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta).

Tryanasari, D., Aprilia, S., & Cahya, W. A. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(02), 173-179.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract has been read : 1785 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats