Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa

Ahmad Rofi Suryahadikusumah, Adrianus Dedy

Abstract


Penelitian dilakukan untuk menemukan pola implementasi dari pelayanan bimbingan dan konseling di SD Xaverius 7, khususnya dalam mengembangkan kemandirian anak. Metode yang digunakan adalah collaborative action research, yaitu peneliti beserta guru berkolaborasi dalam pelaksanaan laynan bk yang terintegrasi dengan PBM. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan 1) layanan bimbingan dapat dilakukan dengan melakukan berbagai bentuk permainan yang dilakukan sebelum / sesudah pembelajaran, 2) Jurnal harian siswa (mencatat dan menilai kegiatan harian siswa) dilakukan sebagai strategi manajemen kelas dalam mengembangkan kemandirian, 3) Layanan Konseling tetap harus dilakukan oleh Konselor profesional. Setelah implementasi, taraf kemandirian berada pada kategori inisiatif. Kunci keberhasilan dari layanan bimbingan ialah kemampuan guru dalam membangun dialog interaktif selama permaianan maupun evaluasi jurnal harian (catatan kegiatan siswa). 

 

 


Keywords


BK di sekolah dasar; kemandirian

Full Text:

PDF

References


Farozin, M., Suherman, U., Triyono, Purwoko, B., Hafina, A., Yustiana, Y. R., & Sukmaja. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Geldard, K., & Geldard, D. (2011). Konseling Anak-anak Sebuah Pengantar Praktis (3rd ed.). Jakarta: Indeks.

Henderson, & Donald, A. (2011). Counseling Children (8th ed.). USA: Brooks Cole.

Istati, M., & Rahmi, N. (2017). Penguatan Keterampilan Konseling Anak: Memilih Media Dan Aktivitas Yang Tepat. Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling, 4–6. Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang.

Kottman, T. (2011). Play therapy: Basics and beyond (2nd ed.). Alexandria: American Counseling Association.

Martanti, F. (2015). Peran Guru Kelas Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SDN Watuaji 01 Kabupaten Jepara. Magistra, 6(2), 18–31.

Mashar, R., & Nurihsan, J. (2017). Metaphor Counseling and Students Responsibility on Elementary School. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 140–152. https://doi.org/10.24127/gdn.v7i2.820

Meany-Walen, K. K., Bratton, S. C., & Kottman, T. (2014). Effects of adlerian play therapy on reducing students’ disruptive behaviors. Journal of Counseling and Development, 92(1), 47–56. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.2014.00129.x

Rusmana, N. (2009). Bimbingan Dan Konseling Kelompok Di Sekolah. (Metode, Teknik Dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat, 15(1), 31–46.

Santrock, J. W. (2006). Perkembangan Masa Hidup: Edisi Kelima (Terjemahan Juda Damanik & Achmad Chusairi) (Kelima). Jakarta: UI Press.

Saripah, I. (2018). Permasalahan Anak dan Remaja Serta Solusinya. Bandung: Alfabeta.

Sink, C. A. (2008). Elementary School Counselors and Teachers: Collaborators for Higher Student Achievement. The Elementary School Journal, 108(5), 445–458. https://doi.org/10.1086/589473

Sukarman, S. S., Subaidi, S. S., & Laila, A. N. (2018). Mengontrol perkembangan sikap anak melalui program konseling di SDUT Bumi Kartini Jepara. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 142. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i2.3284

Trice-Black, S., Bailey, C. L., & Kiper Riechel, M. (2013). Play Therapy in School Counseling. Professional School Counseling, 16(5), 303–312. https://doi.org/10.5330/psc.n.2013-16.303

Weissman, P., & Hendrick, J. (2014). The whole child: Developmental education for the early years. Boston: Pearson.

Widada. (2015). Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Aktualisasi Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik Yang Berkarakter, ISBN: 978-(2), 323–332.


Article Metrics

Abstract has been read : 2982 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats