Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK

Denna Delawanti Chrisyarani, Arnelia Dwi Yasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa modul tematik berbasis PPK yang valid. Modul yang akan dikembangkan belum pernah ditemui di lapangan, karena terdapat kegiatan pembiasaan PPK dan pengintegrasian materi tematik dengan PPK. Karakter yang diperkuat pada PPK adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Adapun prosedur pengembangan modul, yaitu: (1) penelitian/studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal atau dalam penelitian ini merupakan uji validasi oleh ahli, (5) merevisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama atau dalam penelitian ini adalah uji coba skala kecil, (7) merevisi produk hasil uji lapangan utama, (8) uji pelaksanaan lapangan atau dalam penelitian ini adalah uji coba lapangan/kelas, (9) revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dari segi materi dan desain. Segi validasi materi diperoleh prosentase 95% dan dari segi desain 93%, dalam kategori sangat valid.


Keywords


Modul tematik; karakter; PPK

Full Text:

PDF

References


Aisyi, F. K., Elvyanti, S., Gunawan, T., Mulyana, E., Studi, P., & Teknik, P. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tik Smp Mengacu, IX(2), 117–128.

Akbar, S., Sriwiyana, H. (2012). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Akbar, S., & Sutama, I. W. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik untuk Kelas 1 dan Kelas 2 Sekolah Dasar Sa’dun, 17(April), 32–40.

Amir, M. F., & Kusuma, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives, 2(1), 117–128. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/538

Chrisyarani, D. D., & Akbar, S. (2017). Modul komik tematik berbasis. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, Tahun 26 N, 175–181. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p175

Depdiknas. (2017). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta.

Estuwardani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Terintegratif dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 157–172. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8620/7113

Fahmy, R., Bachtiar, N., Rahim, R., & Malik, M. (2015). Measuring Student Perceptions to Personal Characters Building in Education: An Indonesian Case in Implementing New Curriculum in High School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, 851–858. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.112

Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Erviana, V. Y. (2018). Pengembangan Modul Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Cinta Tanah Air dan Nasionalis pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 80–92.

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(April), 280–289.

Łakuta, P. (2018). Social anxiety questionnaire (SAQ): Development and preliminary validation. Journal of Affective Disorders, 238, 233–243. https://doi.org/10.1016/j.jad.2018.05.036.

Lickona, T. (2013). Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudiono, A., Akbar, S., Dwi Yasa, A., & Delawanti Chrisyarani, D. (2017). Developing Multiple Intelligences-Based Thematic Comic Module. Pancaran Pendidikan, 6(4), 115–124. https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i4.111.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Arruzz Media.

Nilasari, E., Try Djatmika, E., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Juenal Pendidikan, 1(7), 1399–1404.

Peeters, M. J., & Martin, B. A. (2017). Validation of learning assessments: A primer. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 9(5), 925–933. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.06.001.

Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197.

Sari, I. P., & Syamsi, K. (2015). Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.21831/JPE.V3I1.4070.

Troseth, G. L., & Strouse, G. A. (2017). Designing and using digital books for learning: The informative case of young children and video. International Journal of Child-Computer Interaction, 12, 3–7. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2016.12.002.

Yasa, A. D., Chrisyarani, D. D., Akbar, S., & Mudiono, A. (2016). A framework development of thematic comic module based multiple intelegence, 5–10.


Article Metrics

Abstract has been read : 1731 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats