Keefektifan lembar kerja siswa tematik berbasis local wisdom terhadap karakter kerja sama siswa kelas 1 SD

Amaliyah Ulfah, Siska Trianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan LKS tematik berbasis local wisdom terhadap karakter kerja sama siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelas 1B dengan jumlah 24 siswa dan kelompok eksperimen adalah siswa kelas 1A yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Untuk menguji keefektifan LKS tematik berbasis local wisdom terhadap karakter kerja sama siswa digunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKS tematik berbasis local wisdom efektif terhadap karakter kerja sama siswa kelas 1. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai sig 0,006 yang artinya nilai tersebut < 0,05 maka H1 diterima. Selain itu, penggunaan LKS berbasis local wisdom di kelas eksperimen juga terbukti lebih dapat meningkatan karakter kerja sama siswa dalam beberapa aspek seperti anak menerima dengan baik tugas yang diberikan oleh kelompok, mau menerima pendapat dari teman lain ketika diskusi, dan anak bersedia membantu teman yang kesulitan.


Keywords


LKS tematik; local wisdom; karakter kerja sama

Full Text:

PDF

References


Apriani, A. & Muhammad N. W. (2015). Pengaruh SSP Tematik Integratif terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12-25.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eka, P. Nurjannah & Muhammad N. W. (2017). Pengembangan LKPD Tematik-Integratif Berbasis Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 7(1).

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Setditjen Manajemen PendidiSkarin J Dudaisaanri dan Menengah, Kemendiknas. 16(3), 281-284.

Kemdiknas. (2010). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014, Jakarta: Kemdiknas.

Lestari, K. E. & Mokhammad R. Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Refika Aditama.

Muslich, M. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Pranowo, D. J. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian dan Kerja Sama pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter. 3(2). 225.

Rukiyati & L. Andriani P. (2016). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar Di Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 7(1).

Rukiyati, N. S. & Priyoyuwono. (2014). Penanaman Nilai Tanggung Jawab dan Kerja Sama Terintegrasi dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter. 4(2).

Samani, M. & Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan, Bandung: Alfabeta.

Warigan. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3).

Wibowo, A. & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini Strategi Membangun Karakter di Usia Ema, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Zuchdi, D. (2006). Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Keterampilan Hidup dalam Kurikulum Persekolahan. Laporan Penelitian Hibah Pasca 2005-2006. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Zuchdi, D. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan Jurnal Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi. 1(3). 1-15.


Article Metrics

Abstract has been read : 338 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats