Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar

Santi Ratna Dewi, Haryanto Haryanto

Abstract


Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam penggunaan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang merespon perkembangan teknologi adalah multimedia interaktif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari empat tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Media yang telah dikembangkan dievaluasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakannya. Setelah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media, media diujicobakan kepada siswa sebanyak tiga kali melalui evaluasi satu lawan satu, evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi lapangan. Hasil evaluasi satu lawan satu termasuk dalam kategori sangat baik, hasil evaluasi kelompok kecil termasuk dalam kategori baik, dan hasil evaluasi lapangan termasuk dalam kategori sangat baik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada tahap analisis yaitu observasi dan wawancara, sedangkan pada tahap evaluasi berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kelayakan materi termasuk dalam kategori sangat baik, (2) hasil uji kelayakan media termasuk dalam kategori baik, dan (3) hasil uji kelayakan pengguna termasuk dalam kategori baik sehingga multimedia interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV.


Keywords


pengembangan; multimedia interaktif; penjumlahan pada bilangan bulat

Full Text:

PDF

References


Alawiah, N., & Ichsan, M. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media garis bilangan. Didaktika Tauhidi, 4(1), 44–58.

Arifuddin, A. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. AL IBTIDA: JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, 4(2), 165–178.

Aris, R. M., Ilma, R., Putri, I., & Susanti, E. (2017). Design Study : Integer Subtraction Operation Teaching Learning Using Multimedia In Primary School. Journal on Mathematics Education, 8(1), 95–102. Https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3233.95-102

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto, D. (2013). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Endarwati, E. D., & Widjajanti, D. B. (2016). PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS 4 MELALUI MEDIA VISUAL INTERAKTIF. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1), 53–69.

Ermawati, S. E. (2016). Peningkatan menghitung operasi bilangan bulat dengan metode ekspository berbantuan media garis bilangan. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 17(2), 1–6.

Evans, C., & Gibbons, N. J. (2007). The interactivity effect in multimedia learning. Computers and Education, 49(4), 1147–1160. Https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.01.008

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). Https://doi.org/10.17509/EH.V4I2.2827.G1848

Hikmah, N. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas iv SDN 005 Samarinda Ulu. Pendas Mahakam, 1(1), 80–85.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Korakakis, G., Pavlatou, E. A., Palyvos, J. A., & Spyrellis, N. (2009). 3D visualization types in multimedia applications for science learning: A case study for 8th grade students in Greece. Computers and Education, 52(2), 390–401. Https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.09.011

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performace-Based Solutions. San Francisco: Pfeiffer.

Lestari, U. P., Ilma, R., Putri, I., & Hartono, Y. (2015). PENGGUNAAN SET MODEL DAN PERMAINAN REMI BILBUL. Sekolah Dasar, 24(2), 187–198.

Luzón, J. M., & Letón, E. (2015). Use of animated text to improve the learning of basic mathematics. Computers and Education, 88, 119–128. Https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.04.016

Muthulakshmi, P., & Veliappan, A. (2016). Research Papers Effectiveness of an Interactive Multimedia Learning, 11(3), 40–47.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18.

Nusir, S., Alsmadi, I., Al-Kabi, M., & Sharadgah, F. (2013). Studying the impact of using multimedia interactive programs on children’s ability to learn basic math skills. E-Learning and Digital Media, 10(3), 305–319. Https://doi.org/10.2304/elea.2013.10.3.305

OECD. (2018). PISA 2015: Results in focus. Pisa 2015, (67), 16. Https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131–149. Https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149

Prastiwi, A. A. (2016). Penggunaan alat peraga kartu bilangan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika kelas iv di SDN 2 Sanggrahan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 922–931.

Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2018). Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa inggris (studi kasus di sdn 3 tarubasan klaten). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825

Salim, K., & Tiawa, D. H. (2015). The Student’s Perceptions of Learning Mathematics Using Flash Animation Secondary School in Indonesia. Journal of Education and Practice, 6(34), 76–80.

Sanjaya, W. (2014). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setiawati, L. (2016). Penerapan Media Animasi sebagai Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Ciledug 2 Kecamatan Ngamprah. Penelitian Pendidikan.

Van de Walle, J. A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Widoyoko, E. S. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract has been read : 2481 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats