Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar

Fakhriyatu Zahro, I Nyoman Sudana Degeng, Alif Mudiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan rancangan non equivalent control group. Data penelitian yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping lebih unggul dibandingkan rata-rata nilai siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Model pembelajaran STAD; Mind Mapping; Hasil Belajar; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Arfiyanti, D., Irawan, E.B., & Purwanto. (2017) . Peningkatan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Mind Mapping Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2 (6): 799-805.

Buzan, T. (2014). Part 2: The Evidence Supporting Mind Mapping. Mind Mapping: Scientific Research and studies. (Ebook online), (http://pdfmanual.niamz.net/pdf/mind-mapping-scientific- researchand.html, diakses 5 November 2017

Degeng, I Nyoman S.(2005). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan FIP UM

Fauzi, Z. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Tesis. Tidak diterbitkan: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hadinata, L. Q., Utaya, S., & Setyosari P. (2017) Pengaruh Pembelajaran Studen Team Achievemnt division dan diskusi terhadap hasil belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian dan pengembangan. 2(7): 979-985.

Hidayat, I., Towaf S. M., Ruminiati. (2017). Penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hsil belajar IPS siswa kelas V. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian dan pengembangan. 2(4): 562-568

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kagan, S. & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. Terjemahan Budi Eko Soetjipto. San Clemente: Kagan Publishing

Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sayekti, E., Suwono, H., Sueb. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan. 2 (4): 550-555

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.


Article Metrics

Abstract has been read : 645 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats