Implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan di IKIP PGRI Pontianak

Lizawati Lizawati, Indriyana Uli

Abstract


Sastra lisan merupakan salah satu media untuk  pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini  dimaksudkan untuk mendeskripsikan implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan. Metode penelitian ini berupa metode deskriftif dengan bentuk kualitatif dengan teknik analisis data interaktif model berupa data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Sumber data diperoleh dari informan. Penelitian ini menemukan bahwa ada 9 nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan dan 4 implementasi nilai pendidikan karakter sastra lisan yaitu,  nilai kejujuran, nilai kecerdasan, nilai peduli, dan nilai tangguh.


Keywords


Implementasi; pendidikan karakter; sastra lisan

Full Text:

PDF

References


Amar, C. (2016). Korelasi Kemampuan Memahami Ciri Pantun dan Kemampuan Menentukan Jenis Pantun dengan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pagaralam. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. 6 (1).

Damayanti, N. (2014). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Sejuta Bintang Karya Akmal Nasery Basral dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Gabus. Jurnal Kependidikan. 3 (2).

Herawan, K, D & Sudarsana, I, K. (2017). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. 3 (2).

Jacobus, A. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Sekolah Harmoni Hijau di Sekolah Dasar Negeri Kota Singkawang. Jurnal PS Magister PGSD FKIP Untan. 2 (1)

Masnur, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multimedia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasir. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Nyanyian Rakyat Kau-Kaudara pada Masyarakat Muna. Jurnal Humanika. 16 (1).

Parmini, N, P. (2015). Eksistensi Cerita Rakyat dalam Pendidikan Karakter Siswa SD di Ubud. Jurnal Kajian Bali. 5 (2).

Prayitno & Afriva. (2010). Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: UNP Press.

Putri, A, N. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas. 3 (2).

Saefullah, A, P. Siahaan & IM. Sari. (2013). Hubungan antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Besbasis Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan. 4(3).

Steni M. (2016). Pentingnya Pendidikan Nilai. Jurnal Puitika.14 (1).

Sulistiyono, H. (2010). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Sastra Anak di Sekolah. Jurnal Kependidikan Interaksi. 5(5).

Sukatman. (2011). Butir-Butir Tradisi Lisan Indonesia. Yogyakarta: Laks bang Pressindo.

Tripungkasingtyas, Y, S. (2016). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Melalui Karya Sastra Cerita Rakyat sebagai Salah Satu Bentuk Pengenalan Budaya Nusantara. Jurnal S3pbi UNS. 1 (7)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zain, Z. (2014). Strategi Perlindungan Terhadap Arsitektur Tradisional untuk Menjadi Bagian Pelestarian Cagar Budaya Dunia. Jurnal Arsitektur Nalar. 13(1). 39-50.

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Zulfianti, V, S. (2016). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Adithia Mulya. Jurnal Bastra. 3 (3).


Article Metrics

Abstract has been read : 3607 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats