Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Asrial Asrial, Syahrial Syahrial, Dwi Agus Kurniawan, Nur Amalina

Abstract


Kompetensi bahasa Indonesia adalah komponen penting untuk pelaksanaan kompetensi pedagogik. Untuk itu selain kompetensi pedagogik, mahasiswa calon guru penting memiliki penguasaan kompetensi bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis hubungan kompetensi bahasa dan kompetensi pedagogik serta mengetahui kendala-kendala mahasiswa pada saat mata kuliah bahasa. Penelitian dilaksanakan pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi dan menggunakan 340 mahasiswanya sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik tes dan wawancara. Penggunaan statistik inferensial yaitu analisis regresi linear sederhana digunakan dalam menganalisis data penelitian. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah ada pengaruh kompetensi bahasa Indonesia (X) terhadap kompetensi pedagogik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditemukan bahwa kompetensi bahasa Indonesia memiliki pengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik (Y).

Keywords


Kompetensi bahasa; kompetensi pedagogik; calon guru

Full Text:

PDF

References


Adi, S. (2011). Communicative Language Teaching: Is it appropriate for Indonesian Context? International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 8.

Çetin, A., & Demiral, H. (2012). Evaluation Of Language And Literature Skills Of Secondary School Students In Turkey According To International Baccalaureate Diploma Program Criteria.

Creswell, J. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Apprroaches. United Stated of America: SAGE Publications Asia- Pacific Pvt Ltd.

Indrianti. (2012). Developing Student-Centered Grammar Materials for Beginners’ Level Indonesian, 22.

Nasor. M. (2014) Teknik Komunikasi Guru dan Siswa dalam Peningkatan Prestasi Siswa. Jurnal Pengembangan masyarakat Ijtimaiiya. Vol. 7(1).

Negassa, T., & Engdasew, Z. (2017). The Impacts and Challenges of Pedagogical Skills Improvement Program at Adama Science and Technology University. International Journal of Instruction, 10(4), 19–38. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1042a

Rohmawati,A,N,A. (2017) Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran di SD (Sekolah Dasar). Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Smith, N. J. (2009). Language Shift, Gender, and Ideologies of Modernity in Central Java, Indonesia. Journal of Linguistic Anthropology, 19(1), 57–77. https://doi.org/10.1111/j.1548-1395.2009.01019.x

Suprahatinningrum, J. (2016). Guru Profesional : Pedoman Kinerja, kualifikasi & kompetensi Guru. Jogjakarta: Arruzmedia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Undang- Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Watkins, C., Eileen, C., Lodge, C., Wagner, P., & Whalley, C. (2002). Effective Learning. London: National School Improvement Network.

Wong, C., & Barrea, M. (2012). The Role of Grammar in Communicative Language Teaching: An Exploration of Second Language Teachers’ Perceptions and Classroom Practices, 62.

Yıldız, S., & Gizir, S. (2018). A Phenomenological Study of the Perceptions of Candidate Teachers about the Concepts of School, Teacher and Student in Their Dreams. International Journal of Instruction, 11(2), 309–324. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11221a


Article Metrics

Abstract has been read : 12860 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats