Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku

Rima Wulan Safitri, Cicilia Novi Primiani, Hartini Hartini

Abstract


Permasalahan dalam pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar yaitu mata pelajaran masih diajarkan secara terpisah, tidak adanya media perantara yang mendukung proses pembelajaran karena hanya terpaku pada buku pegangan dan belum dikembangkan aktivitas bermain sambil belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flashcard tematik berbasis permainan tradisional yang layak untuk pembelajaran tematik integratif kelas IV sub tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Metode penelitian menggunakan model 4D (define, design, develop and disseminate). Media diujikan pada 20 siswa kelas IV SDN Gunungsari Madiun. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam tahap eksplorasi yaitu observasi dan wawancara, sedangkan dalam tahap pengembangan berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi dari dua validator ahli aspek media dan materi menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dalam pembelajaran, (2) hasil respon siswa skala kecil dan luas menunjukkan bahwa media sangat layak dengan persentase 100% dan (3) hasil belajar sebelum dan setelah diberi perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan, uji hipotesis pembelajaran 2 diperoleh thitung = 8,376 > ttabel =2,093, dalam pembelajaran 5 diperoleh =7,264 > =2,093. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcardtematik berbasis permainan tradisional sangat layak digunakan untuk kelas IV sub tema Lingkungan Tempat Tinggalku. 

Keywords


Media Pembelajaran; Tematik Integratif; Flashcard Tematik; Permainan

Full Text:

PDF

References


Anggraini, C. C. D. & Untari, M. F. A. (2014). Keefektitas Model Permainan Boy-Boyan Terhadap Hasil Belajar Tema Driku Siswa Kelas 1 SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1), 92-98

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chirnawati, H.E., Usodo, B., Pramesthi, G., & Sutopo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Desain Tematik: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Pengelolaan Kelas Bagi Guru SD dalam Implementasi Kurikulum 2013. JMEE, VI (2), 91-105.

Fatimah, S. (2014). Pengembangan Media Flash Card dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas II MI Ma’arif Sendang Kulon Progo. Skripsi tidak diterbitkan. Yogjakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hidayat, D. (2013). Permainan Tradisional dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat. Jurnal Academica Fisip Untad, 5 (2), 1057-1070

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pembelajaan Micro di PGSD UAD Yogyakarta. Profesi Pendidikan Dasar, 2 (2), 87-97.

Madasari, C. A. & Buditjahjanto, A. I. G. P. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Komputer pada Standar Kompetensi Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1 (2).

Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 1-13.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya. .

Syamsiana, F. & Lutfi, A. (2014). Permainan Tradisional Selibur Sebagai Media Pembelajaran Struktur Atom pada Siswa SMA Negeri Ploso Jombang. Prosiding Seminar Nasional Kimia. Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Yuliyanti, E. (2016). Pengembangan Pengelolaan Pembelajaran Tematik Berbasis Permainan Injak Kartu Angka pada Kelas 1 SD Negeri 2 Pulongrambe Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 277 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran indexed by:

 

Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats