MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN MODEL OUTBOUND
Abstract
Abstrak
Pertumbuhan anak usia dini akan mempengaruhi periode berikutnya yaitu pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Penelitian ini ingin melihat pengembangan kemampuan social anak usia dini secara maksimal dan tepat sasaran, sehingga mampu mengembangkan semua lingkup aspek perkembangan anak termasuk aspek sosial anak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan kemampuan sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) As-sallam 1 Sukarame Bandar lampung dengan menggunakan kegiatan outbound. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahawa kemampuan sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak TK As-sallam 1 Sukarame Bandar lampung meliputi kemampuan menunjukan keaktifan dalam permainan, berempati terhadap teman, bersikap sportif di dalam permainan, mampu memimpin di dalam kelompok, melihat kelebihan teman bukan sebagai kendala, mampu mengambil keputusan yang cepat, percaya diri di dalam melakukan permainan, mampu berkerja sama di dalam kelompok, dapat berkomunikasi dengan baik kepada teman, selalu mencoba dan pantang menyerah, mudah bergaul dengan teman yang ada di sekitarnya dan mampu memahami teman
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hesti, Purnama Sari
Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Melalui Aktivitas Outbound Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Hakim Yogyakarta. Other, U N Y. https://eprints.uny.ac.id/29510/, accessed December 5, 2018.
Isbayani, Nur Shintya, M. Pd Made Sulastri, Luh Ayu Tirtayani, and S. Psi
Penerapan Metode Outbound Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 3(1).
Maryatun, Ika Budi
Pemanfaatan Kegiatan Outbound Untuk Melatih Kerjasama (Sebagai Moral Behavior) Anak Taman Kanak-Kanak. Google Scholar.
Nufus, Hayatun, Muhammad Duskri, and Bahrun Bahrun
Mathematical Creative Thinking and Student Self-Confidence in the Challenge-Based Learning Approach. (JRAMathEdu) Journal of Research and Advances in Mathematics Education 3(2): 57-68–68.
Pebriana, Putri Hana
Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1): 1–11.
Rocmah, Luluk Iffatur
Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1(2): 173–188.
Samik, Samik, and Rohita Rohita
Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Metode Outbound Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Umi Qolbu. PAUD Teratai 3(3). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/8025, accessed November 30, 2018.
Sarwono, Sarlito W., and Eko A. Meinarno
Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika 77.
Suryana, Dadan, and Yulsyofriend Yulsyofriend
Efektivitas Outbound Dalam Pengembangan Kepercayaan Diri Pada Anak TK Pertiwi VI Kota Padang.
Wahjoedi, Wahjoedi, I. Putu Panca Adi, and Damiati Damiati
Model Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berbasis Outbound Di Kota Singaraja. Proceeding SENARI 5: 931–940.
Article Metrics
Abstract has been read : 8757 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v6i2.3939
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN