Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Program Linear Siswa Kelas XI SMAN 1 Sape

Sahril Ramadhan, Edi Mulyadin, Sriaryaningsyih Sriaryaningsyih

Abstract


Pendidikan saat ini rentan terhadap penyakit. Dari penyakit tersebut menyebabkan proses pelaksanaan pembelajaran tidak maksimal. Hal tersebut juga berdampak pada pembelajaran matematika, terlebih lagi dengan banyaknya stigma yang dibangun terhadap pembelajaran matematika yang kaku dan susah. Dari stigma tersebut menyebabkan siswa takut belajar matematika. Hal itu dapat dilihat dari tingkat kemampuan siswa yang masih gagap dalam berekspresi dan memecahkan masalah matematika sehingga berpengaruh buruk pada hasil belajar siswa. Sehingga peneliti menawarkan model think, talk, and write (TTW) guna menjawab kekakuan siswa dalam berekspresi dan memecahkan masalah. Dari masalah tersebut, adapun rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran think, talk, and write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model think talk write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape. Jenis penelitian menggunakan jenis true eksperiemen dengan desain posttest only control group desing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sape yang terdiri dari 7 kelas. Menggunakan teknik simpel random sampling diperoleh siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan teknik pengumpulan data memberikan post-test dimasing-masing kelas. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian saat diberikan post-test dimasing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,994 dan dikelas kontrol 82,5. Kemudian hasil perhitungan uji t-tes, diperoleh nilai thitung = 0,299 dan nilai ttabel = 1,994 pada taraf siginifikan 5% dengan dk = 70. Karena harga thitung lebih kecil dari ttabel (0,299 < 1,994) maka hipotesis awal (Ho) diterima dan 2 hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Dapat disimpulkan hasil penelitian bahwa tidak ada pengaruh model think, talk, and write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape.

Keywords


Model Think, Talk, and Write (TTW), Hasil Belajar, Program Linear;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : CV Pustaka Setia.

Hergenhahn, Mattew Olson. 2010. Teori Belajar. Jakarta : Kencana.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran .Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Khairah, D. I. Ummul. Dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Mangaran Situbondo. Jember : UJ

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Rafika Aditama.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : Rajawali Press.

Kurniasih, dkk. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Maulaty Rahayu. 2015. Mengapa Matematika Dianggap Sulit. Dalam URL. http://www.kompasiana.com/rahayulala/mengapa-matematika-dianggap- sulit 54f677b4a33311e6048b4d86 diakses pada tanggal 10 Maret 2019 pukul 06.54 WITA.

Manullang, Sudianto dkk. 2017. Matematika untuk kelas XI SMA sederajat. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Munawar. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : RINEKA

Puspitasari. 2014. Ini Penyebab Nilai Matematika Indonesia Rendah. (online)

Putri, Dini Palupi. 2017. Pengaruh pembelajaran kooperatif think talk write terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Bengkulu : Belajea.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Siyoto, syandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Publishing.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Ramaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar..

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sutikno, Sobri. 2014. Metode dan Model Pembelajaran. Lombok : Holistika.

Thobroni, dkk. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-ruzz Media

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

UU RI No.20 Tahun 2003. Undang-undang SISDIKNAS 2003. Jakarta : Sinar Grafika.


Article Metrics

Abstract has been read : 387 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.9395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats