Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD

Ratna Dwi Anifah, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL (Problem Based Learning) dan Problem Posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri Bringin 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri Bringin 01 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan treatment dengan model Problem Posing dan kelas kontrol diberikan treatment dengan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Uji prasyarat menunjukkan kedua kelas homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,840  > 1,998 dan signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukkan model Problem Posing lebih efektif dibanding model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah.

 


Keywords


PBL, Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Aristiyowati, H. (2014). Efektivitas model problem posing menggunakan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN Mlaten Mijen Demak pada materi pengukuran sudut. (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Guntara, I. W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Negeri Kalibukbuk. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17-27.

Kurniasih, Sani. (2014). Strategi-Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

McMillan, J.H. and Schumacher, S. (2001). Research in Education. New York: Longman, Inc.

Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1-19.

Nazwandi. (2010). Pemecahan Ma-salah dalam Pembelajaran Matematika. Modul Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. FKIP UMS.

Ngalimun. (2013). Strategi Dan Modal Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nugroho, H. P. (2015). Keefektifan Problem Based Learning Dengan Strategi Problem Posing Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Pemerintah, P. Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Polya, G. (1973). How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Ruchaedi, D., & Baehaki, I. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses. Jakarta: Prenada Media.

Saptono, B., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2018). Penerapan Motode Pembelajaran

Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pengukuran Sudut Dengan Busur Derajat Siswa Kelas 4 Sdn Barukan 02. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).

Sintawati, M. (2015). Keefektifan Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Susanti, E. L., Sukestiyarno, Y. L., & Sugiharti, E. (2012). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).

Thobroni & Mustofa. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Wahyudi, I. A., & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 1992 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats