Implementasi Metode Problem Based Learning Secara Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keaktifan Siswa Kelas V pada Tema Panas dan Perpindahannya di SDN Sumberbendo 02 Tahun Pelajaran 2020/2021

Suhartini Suhartini

Abstract


Peralihan pembelajaran dari tatap muka menuju pembelajaran daring ini memberikan dampak yang tidak hanya dirasakan oleh pendidik namun siswa dan orang tua. Kendala pembelajaran di SDN Sumberbendo 02 adalah pada kemampuan kognitif dan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi penerapan metode Problem Based Learning secara daring dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan keaktifan siswa kelas V SDN Sumberbendo 02 pada tema 6 semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas V SDN Sumberbendo 02. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode Problem Based Learning secara daring dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa sebesar 30% dan meningkatkan keaktifan siswa sebesar 20% pada siswa kelas V SDN Sumberbendo 02. 


Keywords


Problem Based Learning; kemampuan kognitif; keaktifan siswa

Full Text:

PDF

References


Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Jatira, Y., & S, N. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43

Kudus, M. S. (2018). Pengaruh Metode Probing Prompting Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Makassar

Mufit, M., & Wrahatnolo, T. (2020). Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smk Kompetensi Keahlian Titl Muhlasum Mufit Tri Wrahatnolo. 1, 411–418

Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalahan Matematika Siswa. MES (Journal Od Mathematics Education and Science), 2(2), 32

Mutiara, D. N. E. (2021). Dampak COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) Terhadap Proses Pembelajaran dan Psikologis Bagi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 200-207.

Naryono, E. (2020). Impact of National Disaster Covid-19, Indonesia Towards Economic Recession

Retno, R. S., & Yuhanna, W. L. (2018). Implementasi green living berbasis scientific inquiry pada pembelajaran ipa terhadap kinerja ilmiah mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 31-40.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.

Susanti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Syariah, E. N., Mahromiyati, M., & Sandiyansah, M. F. (2020). Analisis Mengenai Ciri-ciri Belajar Siswa SD yang Memiliki Kemampuan Daya Ingat Tinggi. NUSANTARA, 2(1), 71-74.

Wahyu, F. P., Nugraha, I. I., Pebrinsyah, M. I., & Permadi, R. (2020). Dampak Covid 19 Dalam Dunia Pendidikan. Journal Uinsgd, Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.15575/kp.v2i3

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.


Article Metrics

Abstract has been read : 121 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats