Efektivitas Pendekatan Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Mereduksi Perilaku School Refusal Pada Peserta Didik

Elly Dwi Putri Utari, Maghfirotul Lathifah

Abstract


Penelitian dilakukan berdasarkan fenomena yang muncul pada peserta didik SMKN 1 Jatirejo, Mojokerto, yaitu dengan permasalahan perilaku school refusal. Tujuan pada penelitian ini agar mengetahui efektivitas pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) untuk mereduksi perilaku school refusal. Rancangan penelitian yang dipai adalah kuantitatif dengan jenis penilitian single subject design (SSD) yaitu A-B-A’. Hasil analisis yang diperloleh pada analisis dalam kondisi dan antar kondisi yaitu menurun dengan hasil overlap -0,95%, dimana semakin rendah semakin baik. Hal ini juga diperkuat oleh hasil post-test pada akhir baseline-2 (A’) dengan skor 51 yang tergolong rendah. Setelah dilakukannya konseling individu teknik cognitive behavior therapy (CBT) dapat ditarik hasil bahwa dapat mengurangi perilaku school refusal.


Keywords


school refusal; cognitive behavior therapy (CBT); self-management.

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, A. . N. (n.d.). Teknik bimbingan konseling. 2007, 1–21.

Andani, N. A.-Z. P., & Nursalim, M. (2019). Penerapan Konseling Individu Teknik Self Management Terhadap School Refusal Peserta Didik Kelas X Sman 8 Surabaya. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Cormier, W. H. dan C. L. . (1985). Interviewing Strategis For Helpers. Publishing Company.

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dangan Program SPSS. (4th ed.). Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunarsa, D. S. (1996). Konseling dan Psikoterapi. BPK Gunung Mulia.

Handayani. (2005). Mempersiapkan dan Mengenalkan Sekolah Pada Anak. Prestasi Pustakaraya.

Hayati, M. L., & Darmito, E. (2019). Keefektifan penggunaan strategi pengelolaan diri dalam konseling kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Jurnal BK UNESA, 9, 53–65.

Kearney, C. A., Chapman, G., & Cook, L. C. (2005). School refusal behavior in young children. International Journal of Behavioral Consultation and Therapy, 1(3), 216–222. https://doi.org/10.1037/h0100746

Khan, J. . (1981). Unwillingly To School. School Phobia or School Refusal: A Psyco-Sosial Problem. Pergamon Press; Edisi ke-3.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. PT. Indeks.

Lewis, J. A., Lewis, M. D., Daniels, J. A., & Andrea, M. J. . (2010). Community counseling: A multicultural-social justice perspective. Nelson Education.

Ligh, D. J. (1972). School Refusal. British Medical Journal, 3(5820), 236–237. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5820.236-c

Manurung, N. (2012). School Refusal Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Undip, 11(1), 191–199.

Mash, E. ., & Wolfe, J. . (2005). Abnormal Child Psychology (3rd ed.). Thomson Wadsworth.

Matson, J. ., & Ollendick, T. . (1988). Enhancing Children’s social skills: Assessment and training. London: Pergamon press.

Sa’adah, F. M., & Rahman, I. K. (2015). Konsep Bimbingan Dan Konseling Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Dengan Pendekatan Islam Untuk Meningkatkan Sikap Altruisme Siswa. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(2), 49–59. https://doi.org/10.14421/hisbah.2015.122-05

Shatte, A., & Reivich, K. (2002). The Resilience Factor Tujuh Key To Finding Your Inner Strength And Over_coming Life’s Hurdles. Three Rivers Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.


Article Metrics

Abstract has been read : 884 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v13i1.15845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.