Kesenian Penthul Tembem Di Kota Madiun (Studi Sejarah Dan Nilai Budaya)

Dita Yulianti, Novi Triana Habsari

Abstract


Kesenian Penthul Tembemmerupakan kesenian asli Kota Madiun.  Namun tidak sedikit warga masyarakat yang belum mengetahui dan memahami sejarah serta nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Untuk itu perlu dilaksanakan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan dan menjelaskan sejarah kesenian Penthul Tembemdan nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan mulai bulan Maret-Juni 2020. Sumber data yang digunakan bersifat primer dan sekunder. Data diambil dengan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat dijelaskan bahwa sejarah kesenian Penthul Tembemberasal dari perjalanan Ranggawarsita (Bagus Burhan muda) putra Tumenggung Yasadipura dari Keraton Surakarta yang  menuntut ilmu agama dan kenegaraan di Tegalsari. Hingga pada akhir cerita adanya pertemuan dua abdi Bagus Burhan di Alun-Alun Kota Madiun yang ngamen bersama menggunakan topeng Penthul dan Tembem. Peristiwa inilah yang disebut dengan Kesenian Penthul Tembem. Perkembangan Penthul Tembemdi Kota Madiun bisa dikatakan kurang, dikarenakan kurang adanya perhatian Pemerintah dan masyarakat. Nilai-nilai budaya yang terkandung dalam kesenian penthul Tembemdapat dilihat dari segi kesejarahannya dan pementasannya yaitu terkandung nilai moral, nilai kepemimpinan, nilai religi, nilai estetika dan nilai hiburan. Nilai tersebut merupakan nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Keywords


Penthul Tembem; sejarah; budaya

Full Text:

PDF

References


Edi Sdawati. (2014). Kebudayaan Indonesia. Depok: Komunitas Bambu.

Firdaus & Zamzam, F.(2018). Aplikasi Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Deepublish

Fajrie, Mahfudlah. (2016). BUDAYA MASYARAKAT PESISIR WEDUG JAWA TENGAH (Melihat Gaya Komunikasi dan Tradisi Pesisiran). Wonosobo: CV. Mangku bumi Media.

Habsari, N.T dan Roda’i, R. K. (2016). Kesenian Gembrungan di Desa Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun( Kajian Nilai-Nilai Kearifan Lokal sebagai Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Agastya, 6(2), 112-136.

Hanif, Muhammad. (2018). Kesenian Dongkrek ( Studi Nilai Budaya dan Potensinya sebagai Sumber Pendidikan Karakter: Gulawentah Jurnal studi Sosial, 1(2). 132-141.

Ida Agustina Puspita Sari. (2015). Mitos Dalam ajran Turonggo Yakso di Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Karya tulis berupa skripsi.

Julia. (2018). Kapita Selekta Seni, Budaya, dan Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Koetjaraningrat. (1974). Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Kottak, C. P. (1991). Anthropologi: The Exploration of Human Diversity, 5th Edition. New York: Mc Graw-Hill Inc

Luthfiyah & Fitrah, M. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak

Pemerintah Kota Madiun. (2019). Analisis Strategis Smart City Kota Madiun 2019-2020. Madiun

Rohidi, Tjetjep Rohendi. (2000). Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung. Accent Graphic Communication

Sulistyo, E.T. (2005). Kaji Dini Pendidikan Seni. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widayati, Asri. (2012). Fungsi Kesenian Ledhek Dalam Upacara Bersih Desa Di Dusun Karangtengah, Desa Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan seni Tari


Article Metrics

Abstract has been read : 788 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.9907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats