Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia

Septa Rahadian, Hendri Setiawan

Abstract


Selama ini banyak konsep yang perlu direvisi mengenai belajar sejarah. Di sekolah biasanya pelajaran yang dianggap membosankan oleh siswa diantaranya adalah pelajaran sejarah. Kebanyakan siswa menganggap pelajaran sejarah membosankan karena hanya berkutat pada hafalan tokoh, peristiwa dan tempat bersejarah. Hal lain yang menyebabkan pelajaran sejarah di sekolah terkesan membosan karena guru yang mengajar kurang mampu dalam menghidupkan spirit atau jiwa sejarah itu sendiri. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan fokus utamanya adalah pengembangan media pembelajaran Sejarah yang disajikan dalam bentuk komik yang bertujuan untuk mempermudah guru menyampaikan materi pelajaran dan membantu peserta didik dalam memahami materi. Dari hasil penelitian ini sebanyak 80% dari total jumlah peserta kelas mampu menyerap dengan baik materi yang disampaikan sehingga dapat ditarik kesimpulan melalui komik proses pembelajaran dapat mengaktifkan keseriusan peserta didik dalam pembelajaranya, media pembelajaran berupa komik yang menghibur dan ringan membuat peserta didik cenderung lebih menyenangi bacaan atau cerita tersebut dibandingkan mengunakan waktu mereka untuk membaca buku pelajaran sekolah.


Keywords


komik; online; Kanjuruhan

Full Text:

PDF

References


A.R. Studio. (2013). Drawing Magic Menggambar Manga. Cetakan Ke-2. Jakarta: Mediakita.

Abidin, Jefri Marzal, dan Rohati. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android untuk Menumbuhkan Motivasi belajar Anak Disleksia pada Materi Eksponensial di Kota Jambi.” Edumatica 04 (02): 66-76

Ariani, N. dan Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. (Editor: Ardhiawan, Program Director & Editor RCTI). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya Publisher.

Bonneff, M. (2008). Komik Indonesia (Les Bandes Desinées Indonesiennes). (Penerjemah: Rahayu S. Hidayat). Cetakan Ke-3. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Departmen Pendidikan dan Kebudayaan (Debdikbud). (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia (K.B.B.I.) Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Desriana, Barbara dan C. Asri Budiningsih. (2018). Audiobook Pembelajaran Mata Kuliah Literatur Berdasarkan Perspektif Behavioral untuk MeningkatkanPemahaman Bahasa Jerman. Jurnal JITP. Diambil pada tanggal 20 Maret 2019, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/13377/1178.

Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka

Hergenhahn, B.R dan Olson, Matthew H. (2010). Theories of Learning. Jakarta: Kencana PRenada Media Group. Jakarta.

Kartodidjo, Sartono (2008). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.

Maharsi, I. (2011). Komik: Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: KATA BUKU.

Waluyo, H.D. (2005). ‘Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran’. Dalam Jurnal Nirmana, Vol. 07, No. 01, Edisi Januari 2005. Hal. 44-55. Surabaya: Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra.


Article Metrics

Abstract has been read : 308 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats