Pengembangan Bahan Ajar Berbasis History Mapping Pada Materi Sejarah Perkembangan Kota Palembang

Muhammad Reza Pahlevi, Adhitya Rol Asmi, Y Yunani

Abstract


Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis history mapping pada materi sejarah perkembangan Kota Palembang. Masalah penelitian bagaimana model fisikal dan efektifitas bahan ajar berbasis history mapping dalam pembelajaran sejarah perkembangan Kota Palembang. Tujuan penelitian mendapatkan prototype dan efektifitas bahan ajar berbasis history mapping. Penelitian menggunakan model ADDIE yang kevalidan materi dengan indikator kesesuaian dan keakuratan materi mendapat nilai sebesar 3,06 dalam kategori cukup valid. Kevalidan bahasa  dengan indikator kejelasan informasi, kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia, penggunaan bahasa secara efektif dan efesien, dan keterbacaan sebesar 4,4 dalam kategori sangat valid. Adapun kevalidan media dengan indikator kualitas gambar, ketepatan teks, kesesuaian warna, ketepatan video, dan kesesuaian informasi sebesar 4,27 dalam kategori sangat valid. Efek potensial penggunaan bahan ajar berbasis history mapping pada tahap uji coba lapangan dengan hasil rata-rata pre test yaitu 50,99 dengan kategori sedang dan rata-rata post test yaitu 56,13 dengan kategori sedang. Terjadi peningkatan sebesar 5,14% dan nilai N-Gain 0,10 termasuk dalam kategori rendah. Hal ini menunjukan bahan ajar berbasis history mapping pada  materi sejarah perkembangan Kota Palembang memiliki nilai kevalidan dan dampak efektivitas berupa peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran materi sejarah perkembangan Kota Palembang setelah menggunakan bahan ajar history mapping. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa bahan ajar digital berupa history mapping dapat meningkatkan antusiasme dan keaktifan mahasiswa yang turut berefek pada peningkatan hasil belajar sehingga perlu adanya pengembangan produk digital yang lebih variatif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Bahan Ajar; History Mapping; Palembang

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, A. 2018. Rancang Bangun Media Pembelajaran Coreldraw Berbasis Multimedia. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu, 8(1), 38–45.

Arkün, S., & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the development process of a multimedia learning environment according to the ADDIE model and students’ opinions of the multimedia learning environment. Interactive Educational Multimedia: IEM, 17, 1–19.

Branch, R. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Delano-Smith, C., Kain, R. J., & Wood, A. A. 2000. English maps: A History. Cartographica, 37(3), 63. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102295-5.10518-9

Earley-Spadoni, T. 2017. Spatial History, deep mapping and digital storytelling: archaeology’s future imagined through an engagement with the Digital Humanities. Journal of Archaeological Science, 84, 95–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.jas.2017.05.003

Fonda, A., dan Sumargiyani, S. 2018. The developing math electronic modul with Scientifiec approach using kvisoft flipbook maker pro for XI grade of senior high school students. Infinity Journal, 7(2), 109–122.

Haines, E. 2017. Mapping out History: A Cartographic View of The Twentieth Century. Journal of Historical Geography, 55, 60–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.jhg.2016.12.004

Istiqlal, M. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1).

Kashibadze, V. F., Nasonova, O. G., & Nasonov, D. S. 2013. Reconstructions of human history by mapping dental markers in living Eurasian populations. Quaternary International, 284, 3–6. https://doi.org/doi:10.1016/j.quaint.2011.07.022

Lee, J. K. 2002. Digital history in the history/social studies classroom. The History Teacher, 35(4), 503–518.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabet.

Revels, C. S. 2013. Seeking Refuge: Birds and Landscapes of the Pacific Flyway. Journal of Historical Geography, 42, 220–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.jhg.2013.07.015

Rezeki, S. 2018. Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 856–864.

Sabharwal, A. 2015. Digital history, archives, and curating digital cultural heritage. Digital Curation in the Digital Humanities, 2013, 49–67. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-100143-1.00003-9

Sadjati, I. M. 2012. Hakikat Bahan Ajar. Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract has been read : 238 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats