Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Kepemimpinan Berbasis Pedagogi Reflektif Untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Siswa SMA

Yoel Kurniawan Raharjo

Abstract


Pembelajaran sejarah memiliki fungsi strategis dalam mengembangkan nilai karakter peserta didik apabila guru mengajarkan secara inovatif. Meninjau filosofis pedagogik, sejarah bukan hanya sebagai sarana transmitting knowledge namun juga transmitting value dan transmitting virtue. Desain pembelajaran sejarah sebaiknya bukan hanya mengeksplorasi narasi peristiwa saja, tetapi mampu merefleksi nilai karakter dari materi yang dipelajari. Materi sejarah tentang heroisme mengandung nilai karakter, salah satunya kepemimpinan. Nilai kepemimpinan dapat diajarkan kepada peserta didik dalam rangka menumbuhkan sikap kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis pedagogi reflektif untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa. Model pembelajaran ini diintegrasikan dalam KD 3.2 sub materi Perjuangan RM Said atau Mangkunegara I. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan. Objek penelitian adalah peserta didik Kelas XI IPS SMA Kolese De Britto, Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sikap kepemimpinan dikalangan peserta didik perlu ditingkatkan dilihat dari 8 indikator kepemimpinan dari Northouse dan Ignatian, (2) guru masih berkutat pada eksplorasi narasi peristiwa sejarah saja karena terpaku pada diktat-diktat, serta (3) Pengembangan model pembelajaran sejarah ini efektif untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.


Keywords


sejarah; pedagogi reflektif; sikap kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Borg, WR and MD, Gall. (2003). Educational Reaserch; An Intoduction, 7th Edition. Boston: Allyn & Bacon

Daliman. (2018). Manusia dan Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Dickinson, A.K., and Lee, P.J. (1980). History Teaching and History Understanding. London: Heinemann

Hasan, Said Hamid. (2020). Pelajaran Sejarah Terancam Hilang. September 18, 2020, Hlm 5, Koran Kompas

Karkono, H, Partokusumo. (1983). Zaman Edan. Yogyakarta: Proyek Javanologi

Kartodirdjo, Sartono. (2017). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Kusuma, Sumardianyah P. (2020). Urgensi Mata Pelajaran Sejarah. Oktober 2, 2020, Hlm 6, Koran Kompas

Lickona, Thomas. (2019). Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Northouse, Peter G. (2013). Kepemimpinan: Teori dan Praktik. Terj. Ati Cahayani. Jakarta: Indeks Permata Putri

Pabottingi, M. (2013). Kepemimpinan dan Demokrasi Kita: Akar-akar Kebangkrutan dan Jalan Menuju Kebangkitan. Prisma, Vol. 4, Hlm. 3-27

Printina, Brigida Intan. (2017). Implementasi Pedagogi Reflektif Pada Pembelajaran Sejarah Melalui Media Komik Untuk Membangun Humanisme Dalam Kemajemukan (Book Chapter). Kapita Selekta Pendidikan Sejarah Indonesia. Yogyakarta: Ombak

Printina, Brigida Intan. (2019). Pemanfaatan Media Komik Digital Melalui Paradigma Pedagogi Reflektif Melalui Mata Kuliah Sejarah Asia Barat Modern. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8 (1), 1-13, https://doi.org/10.21009/JPS.081.01

Purwanta, Hieronymus. (2019). Hakekat Pendidikan Sejarah. Surakarta: UNS Press

Sayono, Joko. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7 (1), 9-17, http://dx.doi.org/10.17977/sb.v7i1.4733

Soekanto, Soerjono. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Subagya. (2010). Paradigma Pedagogi Reflektif. Yogyakarta: Kanisius

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Suparno, Paul. (2015). Pembelajaran di Perguruan Tinggi Bergaya Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR). Yogyakarta: Penerbit USD

Sutimin, Leo Agung. (2015). The Role of Social Studies And History Learning In Junior High School In Strengthening The Students Character. Paramita, 25 (2), 238-246, https://doi.org/10.15294/paramita.v25i2.5134

Tilaar, HAR. (2009). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta

Tim Ignatian. (2017). Standar Mutu Pendidikan Sekolah Yesuit. Jakarta: Asosiasi Sekolah Yesuit Indonesia

Tosh, John. (1984). The Persuit of History. London: Longman

Utami, Indah Wahyu Puji. (2019). Teaching Historical Emphaty Trought Reflective Learning. Paramita, 29 (1), 1-9, https://doi.org/10.15294/param (Borg & MD, 2003)ita.v29i1.11479

Widja, I Gede. (1988). Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah Dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana

Wineburg, Sam. (2001). Historical Thinking. Philadelphia: Temple University Press

Wiriaatmadja, Rochiati. (2016). Filosofi Pendidikan Sejarah. Bandung: Diktat Kuliah.


Article Metrics

Abstract has been read : 275 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.7938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats