Analisa Potensi Geografis Timur Tengah Menjadi Kekuatan Teritori Melalui Komik Digital Berlandaskan Paradigma Pedagogi Reflektif

Brigida Intan Printina

Abstract


Analisa Potensi Geografis Timur Tengah Menjadi Kekuatan Teritori Melalui Komik Digital Berlandaskan Paradigma Pedagogi Reflektif telah menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0 menjadi peluang. Tujuan penelitian ini ialah 1)menganalisis potensi geografis Timur Tengah menjadi kekuatan teritori ; 2)menguraikan komik digital berlandaskan paradigma pedagogi reflektif. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan tentang kegiatan atau informasi tentang kondisi kelas yang sedang berlangsung. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dengan teknik cuplikan yang dikenal dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah salah satu informan untuk mendapatkan informasi mengenai media yang tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Banyak pelopor nasionalisme Arab yang memiliki misi menyelamatkan bangsanya terbebas dari tradisi yang terlalu konservatif untuk tetap memajukan bangsa serta terbebas dari penetrasi asing diantaranya Sultan Abdul Hamid II(Turki), Al-Tahtawi (Mesir), Muhammad  Rashid  Rida (Syria), Mustafa Kemal Ataturkh (Turki), Gammal Abdul Nasser (Mesir). Selain gagasan para nasionalis wilayah lain yang merasakan pengaruh asing yang kuat langsung bereaksi dengan membuat ketetapan netralitas dengan tidak memihak blok manapun yang memiliki kepentingan. Namun, ada pengecualian untuk Arab Saudi dimana AS tetap bekerjasama dalam bidang ekonomi dan terbukti dengan adanya perusahaan asing ARAMCO (Arabia American Company Oil) dan ini dirasa lebih menguntukan dari pada menempatkan pangkalan militer asing.; 2) Frekuensi mahasiswa yang menguraikan analisa potensi geografis Timur Tengah menjadi kekuatan teritori melalui komik digital berlandaskan paradigma pedagogi reflektif ialah sebesar 30% atau sekitar 15 dari jumlah keseleuruhan mahasiswa 50, sedangkan topik lain (tokoh, konflik ideologi, konflik kepentingan barat, konflik perbatasan) mendapatkan porsi rata-rata seitar 10-20%.

Keywords


Komik digital; Timur Tengah; Pedagogi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 420 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v9i1.3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats