Pembelajaran sejarah maritim melalui media Banten harbour untuk peningkatan kesadaran multikultural
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, T. A. (2017). Urgensi Dan Relevansi Pembelajaran Sejarah Maritim Untuk Wilayah Pedalaman. Paramita: Historical Studies Journal, 27(1), 113-126. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/paramita.v27i1.9190
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3909
Asmi, A. R., Surbhakti, A. N. D., Yunani, Y., & Syarifuddin, S. (2019). Pengembangan Model Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android pada Mata Kuliah Sejarah ASEAN. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 5(1), 30-40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v5i1.4370
Counter, G. S. S. (2021). Mobile Operating System Market Share Indonesia. Statcounter. Retrieved 17 Februari 2021 from https://Gs.Statcounter.Com/Os-Market-Share/Mobile/Indonesia/2019
Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.
Dean, S. R. (2017). Development and validation of a multicultural consciousness instrument. Journal of Student Affairs Research and Practice, 54(2), 175-188. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/19496591.2017.1284670
Ducruet, C. (2013). Network diversity and maritime flows. Journal of Transport Geography, 30, 77-88. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2013.03.004
Ekasari, P. N. (2017). Pembelajaran berbasis nilai pada matapelajaran sejarah melalui model VCT (value clarification technique). Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(2), 192-198. https://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/2265
Fanani, R. R., Patoni, A., & Wijayanto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. TADARUS, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9117
Firmansyah, H., & Bibi, S. (2020). Pengembangan aplikasi “Pontianak Heritage” berbasis android sebagai media pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(2), 157-169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um0330v3i2p157-169
Halse, C. (2022). Building a collective multicultural consciousness. Multicultural Education Review, 14(1), 1-12. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2005615X.2022.2040144
Hambali, I. (2016). Model Dialog “4D” untuk Meningkatkan Kesadaran Multi Kultural Siswa SMA di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 95-103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i32016p095
Hartati, U., Kuswono, K., & Agustono, R. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS ANDROID BERMUATAN NILAI KARAKTER. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 5(2), 108-120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i2.1545
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam ide dan pembelajaran. Rizqi Press.
Hidayat, S. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDOENSIA. Jurnal Artefak, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v6i2.2582
Jeni, A. (2016). Analisis Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Jurnal CANDI, 13(1), 37-52. https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/view/42816
Juhdi, S. (2014). Nasionalisme laut dan sejarah. Komunitas Bambu.
Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah: Identifikasi Pada Silabus. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 11-25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1322
Margi, I. K. (2013). MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL DAN PENERAPAN KURIKULUM 2013: TANTANGAN ATAU PELUANG? SEMINAR NASIONAL MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL 2013, FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Mayer, C. H., & Louw, L. (2012). Managing cross-cultural conflict in organizations. International Journal of Cross Cultural Management, 12(1), 3-8. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1470595811413104
Moule, J. (2012). Cultural competence: A primer for educators (M. D. Kerr, Ed. 2 ed.). Linda Schreiber-Ganster. https://www.ucg.ac.me/skladiste/blog_7764/objava_67219/fajlovi/_Jean_Moule__Cultural_Competence__A_Primer_for_Ed_BookFi.org_
Muhlasin, M. I. (2015). Pengembangan aplikasi android Histo-App sebagai media mobile learning untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang [Thesis, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/55123/
Naumenko, E. A., & Naumenko, O. N. (2016). Pedagogical Experience on Formation of Tolerant and Multicultural Consciousness of Students. European Journal of Contemporary Education, 17(3), 335-343. https://eric.ed.gov/?id=EJ1116546
Nuhiyah. (2022a). Aplikasi Banten Harbour Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved 2022 from https://play.google.com/store/apps/details?id=io.kodular.muftyworld.Bantens_Harbour
Nuhiyah. (2022b). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Maritim Kesultanan Banten Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. Bandung.
Nuhiyah, N., & Darmawan, W. (2021). KOTA MULTIETNIS SUROSOWAN SEBAGAI LIVING MUSEUM: UPAYA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 7(2), 107-114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i2.11647
Nuhiyah, N., Supriatna, N., & Yulifar, L. (2022). Developing An Android App As A Maritime History Learning Media In Senior High School. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 6(1), 69-79. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/edu.v6i1.394
Nur, M., & Nurbayani, S. (2022). Maritime content in social studies learning. In Exploring New Horizons and Challenges for Social Studies in a New Normal (pp. 137-143). Routledge. https://library.oapen.org/bitstream/handle/20.500.12657/54270/1/9781000628852.pdf#page=152
Perdana, Y., Sumargono, S., & Rachmedita, V. (2019). Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 79-98. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPS.082.01
Putra, I. E. (2013). Teknologi media pembelajaran sejarah melalui pemanfaatan multimedia animasi interaktif. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 1(2), 20-25. https://doi.org/https://doi.org/10.21063/jtif.2013.V1.2.20-25
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10628
Rohiman, I., & Pamuji, R. (2017). Pengembangan kesadaran multibudaya bagi calon konselor di era globalisasi. [http://seminar.uad.ac.id/index.php/snbkuad/article/view/66]. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan.
Sue, D. W., Sue, D., Neville, H. A., & Smith, L. (2022). Counseling the culturally diverse: Theory and practice. John Wiley & Sons.
Supardi, S. (2014). Pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah lokal. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2621
Supriatna, N., & Maulidah, N. (2020). Pedagogi kreatif: Menumbuhkan kreativitas dalam pembelajaran sejarah dan IPS. Remaja Rosdakarya.
Ufie, A., Matitaputy, J. K., & Kufla, J. (2020). Vean Tradition as a Local Wisdom of Customary People and Its Relevance to Maritime History Learning. Journal of education and learning (Edulearn), 14(4), 590-598. https://eric.ed.gov/?id=EJ1276509
Ulfa, M. (2022). Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal (Studi Kasus: Nilai Toleransi Masyarakat Suku Tengger). Pendidikan Multikultural, 6(1), 96-106. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/multikultural.v6i1.14176
Valk, J.-H., Rashid, A. T., & Elder, L. (2010). Using mobile phones to improve educational outcomes: An analysis of evidence from Asia. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 11(1), 117-140. https://doi.org/https://doi.org/10.19173/irrodl.v11i1.794
Article Metrics
Abstract has been read : 114 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v14i1.14698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by:
Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.