Pembelajaran sejarah maritim melalui media Banten harbour untuk peningkatan kesadaran multikultural

N Nuhiyah, Nana Supriatna, Leli Yulifar

Abstract


Pembelajaran Sejarah maritim dapat menjadi sebuah langkah startegis bagi Indonesia untuk memahami dan menghargai keberagaman di Indonesia. Hadirnya Aplikasi Banten Harbour menjadi sebuah inovasi guna membumikan multiklturalisme Indonesia melalui sudut pandang historis serta penyajiannya melalui media pembelajaran yang kekinian, yaitu aplikasi android yang kini tengah digandrungi oleh siswa dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita di era revolusi 4.0. Artikel ini membahas bagaimana efektivitas aplikasi banten Harbour dalam meningkatkan kesadaran multikultural siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain The one group pre-test post-test design. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat penggunaan Aplikasi Banten Harbour selama 12 pertemuan telah memengaruhi perubahan hasil pre-test dan post-test kesadaran multikultural siswa dan penggunaan Aplikasi Banten Harbour terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran multikultural siswa dibuktikan melalui Uji Wilxocon dan Uji N Gain. Peningkatan kesadaran multikultural siswa juga terlihat pada perubahan siswa yang mengurangi sikap diskriminasi terhadap sesame teman, saling menghargai Bahasa daerah masing-masing dan semakin memahami berbagai perbedaan budaya melalui pembelajaran berbasis Aplikasi Banten Harbour ini. Selain itu, Aplikasi Banten Harbour juga dapat memotivasi siswa dalam belajar sejarah dan menjadikan pembelajaran sejarah lebih menyenangkan.

Keywords


Banten; sejarah; maritim; media

Full Text:

PDF

References


Ahmad, T. A. (2017). Urgensi Dan Relevansi Pembelajaran Sejarah Maritim Untuk Wilayah Pedalaman. Paramita: Historical Studies Journal, 27(1), 113-126. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/paramita.v27i1.9190

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3909

Asmi, A. R., Surbhakti, A. N. D., Yunani, Y., & Syarifuddin, S. (2019). Pengembangan Model Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android pada Mata Kuliah Sejarah ASEAN. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 5(1), 30-40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v5i1.4370

Counter, G. S. S. (2021). Mobile Operating System Market Share Indonesia. Statcounter. Retrieved 17 Februari 2021 from https://Gs.Statcounter.Com/Os-Market-Share/Mobile/Indonesia/2019

Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

Dean, S. R. (2017). Development and validation of a multicultural consciousness instrument. Journal of Student Affairs Research and Practice, 54(2), 175-188. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/19496591.2017.1284670

Ducruet, C. (2013). Network diversity and maritime flows. Journal of Transport Geography, 30, 77-88. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2013.03.004

Ekasari, P. N. (2017). Pembelajaran berbasis nilai pada matapelajaran sejarah melalui model VCT (value clarification technique). Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(2), 192-198. https://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/2265

Fanani, R. R., Patoni, A., & Wijayanto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. TADARUS, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9117

Firmansyah, H., & Bibi, S. (2020). Pengembangan aplikasi “Pontianak Heritage” berbasis android sebagai media pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(2), 157-169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um0330v3i2p157-169

Halse, C. (2022). Building a collective multicultural consciousness. Multicultural Education Review, 14(1), 1-12. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2005615X.2022.2040144

Hambali, I. (2016). Model Dialog “4D” untuk Meningkatkan Kesadaran Multi Kultural Siswa SMA di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 95-103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i32016p095

Hartati, U., Kuswono, K., & Agustono, R. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS ANDROID BERMUATAN NILAI KARAKTER. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 5(2), 108-120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i2.1545

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam ide dan pembelajaran. Rizqi Press.

Hidayat, S. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDOENSIA. Jurnal Artefak, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v6i2.2582

Jeni, A. (2016). Analisis Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Jurnal CANDI, 13(1), 37-52. https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/view/42816

Juhdi, S. (2014). Nasionalisme laut dan sejarah. Komunitas Bambu.

Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah: Identifikasi Pada Silabus. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 11-25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1322

Margi, I. K. (2013). MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL DAN PENERAPAN KURIKULUM 2013: TANTANGAN ATAU PELUANG? SEMINAR NASIONAL MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL 2013, FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

Mayer, C. H., & Louw, L. (2012). Managing cross-cultural conflict in organizations. International Journal of Cross Cultural Management, 12(1), 3-8. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1470595811413104

Moule, J. (2012). Cultural competence: A primer for educators (M. D. Kerr, Ed. 2 ed.). Linda Schreiber-Ganster. https://www.ucg.ac.me/skladiste/blog_7764/objava_67219/fajlovi/_Jean_Moule__Cultural_Competence__A_Primer_for_Ed_BookFi.org_

Muhlasin, M. I. (2015). Pengembangan aplikasi android Histo-App sebagai media mobile learning untuk siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang [Thesis, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/55123/

Naumenko, E. A., & Naumenko, O. N. (2016). Pedagogical Experience on Formation of Tolerant and Multicultural Consciousness of Students. European Journal of Contemporary Education, 17(3), 335-343. https://eric.ed.gov/?id=EJ1116546

Nuhiyah. (2022a). Aplikasi Banten Harbour Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved 2022 from https://play.google.com/store/apps/details?id=io.kodular.muftyworld.Bantens_Harbour

Nuhiyah. (2022b). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Maritim Kesultanan Banten Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. Bandung.

Nuhiyah, N., & Darmawan, W. (2021). KOTA MULTIETNIS SUROSOWAN SEBAGAI LIVING MUSEUM: UPAYA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 7(2), 107-114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i2.11647

Nuhiyah, N., Supriatna, N., & Yulifar, L. (2022). Developing An Android App As A Maritime History Learning Media In Senior High School. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 6(1), 69-79. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/edu.v6i1.394

Nur, M., & Nurbayani, S. (2022). Maritime content in social studies learning. In Exploring New Horizons and Challenges for Social Studies in a New Normal (pp. 137-143). Routledge. https://library.oapen.org/bitstream/handle/20.500.12657/54270/1/9781000628852.pdf#page=152

Perdana, Y., Sumargono, S., & Rachmedita, V. (2019). Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 79-98. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPS.082.01

Putra, I. E. (2013). Teknologi media pembelajaran sejarah melalui pemanfaatan multimedia animasi interaktif. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 1(2), 20-25. https://doi.org/https://doi.org/10.21063/jtif.2013.V1.2.20-25

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10628

Rohiman, I., & Pamuji, R. (2017). Pengembangan kesadaran multibudaya bagi calon konselor di era globalisasi. [http://seminar.uad.ac.id/index.php/snbkuad/article/view/66]. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan.

Sue, D. W., Sue, D., Neville, H. A., & Smith, L. (2022). Counseling the culturally diverse: Theory and practice. John Wiley & Sons.

Supardi, S. (2014). Pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah lokal. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2621

Supriatna, N., & Maulidah, N. (2020). Pedagogi kreatif: Menumbuhkan kreativitas dalam pembelajaran sejarah dan IPS. Remaja Rosdakarya.

Ufie, A., Matitaputy, J. K., & Kufla, J. (2020). Vean Tradition as a Local Wisdom of Customary People and Its Relevance to Maritime History Learning. Journal of education and learning (Edulearn), 14(4), 590-598. https://eric.ed.gov/?id=EJ1276509

Ulfa, M. (2022). Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal (Studi Kasus: Nilai Toleransi Masyarakat Suku Tengger). Pendidikan Multikultural, 6(1), 96-106. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/multikultural.v6i1.14176

Valk, J.-H., Rashid, A. T., & Elder, L. (2010). Using mobile phones to improve educational outcomes: An analysis of evidence from Asia. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 11(1), 117-140. https://doi.org/https://doi.org/10.19173/irrodl.v11i1.794


Article Metrics

Abstract has been read : 114 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v14i1.14698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats