Pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah berbasis budaya literasi digital

Wahyu Setyaningsih, Lutfiana Chandra, Ratna Kurnianingrum

Abstract


Siswa MAN Kota Magelang mempunyai smartphone, namun frekuensi penggunaannya hampir 70 % untuk sosial media dan game online. Ini menunjukkan pemahaman literasi digital rendah, padahal belajar sejarah perlu berliterasi. Apalagi ketika masih masa pandemi yang rata-rata siswa dituntut untuk belajar melalui berbagai platform digital, khususnya pembelajaran sejara. Tujuan penelitian adalah guna mengetahuai desain dan bentuk pembelajaran sejarah berbasis literasi digital pada masa pendemi di MAN Kota Magelang; Metode penelitian menggunakan R&D dengan objek materi sejarah Indonesia. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan forum FGD, dokumentasi dan arsip. Hasil penelitian menunjukkan melalui kesadaran budaya literasi digital dapat menjadi solusi efektif dalam penyampaian materi dan makna dari sejarah, meskipun keterbatasan waktu dan ruang tatap muka di kelas selama pandemi. Penelitian ini juga memberikan bukti empiris bahwa kesadaran budaya literasi digital berdampak penting dalam peningkatan pemahaman materi dan nilai sejarah sehingga perlu pengembangan produk digital yang beragam untuk dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sejarah.

Keywords


sejarah; budaya; literasi; digital

Full Text:

PDF

References


Ameliah, R., Negara, R. A., & Rahmawati, I. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia 2021. KOMINFO. Retrieved 26 Januari 2022 from https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_diIndonesia%20_2021_190122.pdf

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Irhandayaningsih, A. (n.d.). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. 10.

KBBI. (2022). Literasi. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved 25 Januari 2022 from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi

Kemp, S. (2021). Digital 2021: Indonesia. Kepios. Retrieved 24 Januari 2022 from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Kuntowijoyo. (2018). Pengantar Ilmu Sejarah. Tiara Wacana.

Magelang, E.-l. M. K. (2020). E-learning MAN Kota Magelang. MAN Kota Magelang. Retrieved 2020 from https://learning.mankotamagelang.sch.id/teacher

Pahlevi, M. R., Asmi, A. R., & Yunani, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis History Mapping Pada Materi Sejarah Perkembangan Kota Palembang. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 11(2), 146. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8578

Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Kurikulum 2013 11b. PMP SEJ-minat SMA.pdf. (n.d.).

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PROSES PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH, (2022). https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-99

Rahadian, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 11(2), 136. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8832

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. 1, 16.

Sari, N. P., & Makaria, E. C. (2022). Tantangan Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2962–2969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2561

Setyaningsih, W., Chandra, L., & Kurnianingrum, R. (2020a). Dokumen Materi dalam E-Modul Pra Aksara. I. A. I. N. Salatiga.

Setyaningsih, W., Chandra, L., & Kurnianingrum, R. (2020b). Dokumen Pengembangan desain literasi digital di smartphone. I. A. I. N. Salatiga.

Setyaningsih, W., Chandra, L., & Kurnianingrum, R. (2020c). Dokumen Penugasan dalam e-modul pra aksara. I. A. I. N. Salatiga.

Setyaningsih, W., Chandra, L., & Kurnianingrum, R. (2020d). Pengembangan grand desain literasi digital pada pembelajaran sejarah I. A. I. N. Salatiga.

Shavab, O. A. K. (2020). LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO PADA PEMBELAJARAN SEJARAH. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 14(2), 142. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142-152

Sormin, S. A., Siregar, A. P., Priyono, C. D., & Snjpsfisunp. (2019). KONSEPSI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI ERA DISRUPTIF [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/bxskc

Status_Literasi_Digital_Indonesia__2021.pdf. (n.d.).

Sumiati, E. (2020). MANFAAT LITERASI DIGITAL BAGI MASYARAKAT DAN SEKTOR PENDIDIKAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19.

Susanto, H., Irmanita, W., & Syurbakti, M. M. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DARING MASA PANDEMI COVID-19. 8(1).

Sutrisna, I Putu Gede. (2020). GERAKAN LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3884420

Syaifuddin, M., Ummam, A. W., Sm, B., Sodiq, A. R., & Zakiah, I. N. (2022). Penyuluhan Penerapan Literasi Digital Bagi Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i1.195

Syarifah, I. L., Hidayah, F. N., Raharani, F. A.-N., Izzah, N., Mukarromah, S., & Yulianti, Y. (n.d.). Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi.

Tanjung, S., & Supriatna, N. (2021). LITERASI KREATIF: MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL KESULTANAN LANGKAT. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i2.47999

Tim Litbang MPI, M. P. (2021). 4 Kasus Penyebaran Hoaks Paling Fenomenal, dari Covid Sampai Babi Ngepet. okenews, 2. https://nasional.okezone.com/read/2021/10/18/337/2487775/4-kasus-penyebaran-hoaks-paling-fenomenal-dari-covid-sampai-babi-ngepet?page=2

Tricahyono, D., Musadad, A. A., & Rejekiningsih, T. (2021). Integrasi Media Berbasis Peta Persebaran Candi Hindu-Budha Di Tulungagung Dengan Pendekatan Kontruktivisme Dalam Pembelajaran Sejarah. Diakronika, 21(2), 101–120. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss2/205

Universitas Lambung Mangkurat, Anis, M. Z. A., Susanto, H., Universitas Lambung Mangkurat, Fathurrahman, F., & Universitas Lambung Mangkurat. (2021). Studi Evaluatif Pembelajaran Sejarah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3358

Wijaya, T., & Ediyono, S. (2022). Pembelajaran Sejarah Berbasis Media Online dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(3), 196. https://doi.org/10.20961/shes.v5i3.59322


Article Metrics

Abstract has been read : 94 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v14i1.12138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats