TINGKAT EFIKASI DIRI LITERASI DIGITAL MAHASISWA MKU BAHASA INDONESIA DAN KORELASINYA DENGAN LITERASI BACA-TULIS

Authors

  • Aptia Ardiasri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Fitria Wiyarti Nindyaningrum Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mei Purwantini Universitas Negeri Yogyakarta
  • Firstya Evi Dianastiti Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i2.21459

Keywords:

efikasi diri, literasi digital, literasi baca-tulis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat efikasi diri mahasiswa terhadap literasi digital dan memaparkan hasil kajian pustaka tentang korelasi literasi digital dengan literasi baca-tulis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif.  Hasil penelitian yang diperoleh dari jawaban responden, yaitu (1) secara umum menunjukkan tren positif tingkat efikasi diri mahasiswa terhadap inklusi digital, (2) mahasiswa dengan efikasi diri yang tinggi memiliki akses yang lebih baik terhadap teknologi digital dan keterampilan yang lebih baik dalam penggunaannya, dan (3) faktor-faktor seperti dukungan sosial dan pengalaman sebelumnya dengan teknologi juga memengaruhi inklusi digital. Tren ini menunjukkan bahwa peningkatan efikasi diri mahasiswa dapat berdampak positif terhadap inklusi digital. Dengan rasa percaya diri yang lebih tinggi, mahasiswa lebih mungkin untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan teknologi dalam studi dan kehidupan sehari-hari, yang pada akhirnya berkontribusi pada kesuksesan akademis dan profesional mereka di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, R. (2021). Upaya Membentuk Budi Pekerti Pada Siswa Smp Negeri 52 Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Literasi Digital Sastra Anak. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 53. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i1.9714

Bandura, A. (1998). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W. H. Freeman and Company.

Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, Dan Menulis Dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186–1193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.526

Fatwikiningsih, N. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Andi Publisher.

Forsling, K. (2023). Collegial Learning and Digital Literacy Education in a Swedish Preschool. Early Childhood Education Journal, 51(1), 139–148. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01289-9

Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87–92.

Nugroho, M. W. (2022). Perspektif Mahasiswa terhadap Literasi Digital di Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi, 6(1), 26–35.

Paredes-Aguirre, M., Aguirre, R. C., Hernandez-Pozas, O., Ayala, Y., & Medina, H. B. (2024). The Digital Self-Efficacy Scale: Adaptation and Validation of Its Spanish Version. HUman Behaviour and Emerging Technologies. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2024/3952946

Pujiono, S., & Sahayu, W. (2021). Literasi Budaya Mahasiswa Di Era 4.0. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, XVII(2), 110–120. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Purwaningtiyas, P. (2018). Literasi Informasi dan Literasi Media. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 12(2), 1. https://doi.org/10.30829/iqra.v12i2.3978

Rossa, R., Noprina, W., Muzayyanah, & Zuleni, E. (2020). Budaya Literasi membaca dan Menulis Mahasiswa di Perguruan Tinggi di Era Digital Society 5.0. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(2), 1–9.

Wati, I., Ernita, M., Ristiliana, R., & Lubis, M. I. (2023). Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Di Era Society 5.0 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 6(1), 21. https://doi.org/10.24014/ekl.v6i1.22723

Wulandari, L., & Puspidalia, Y. S. (2024). Efikasi Diri Dan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Widyabastra: Jurnal Ilmiah …, 12(1). https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/20399

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles