EFIKASI DIRI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Lilik Wulandari, Yuentie Sova Puspidalia

Abstract


Efikasi diri dan berpikir tingkat tinggi merupakan dua konsep penting dalam pendidikan yang saling terkait dan berkontribusi terhadap keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, kepercayaan diri perlu dibangun sejak awal, terutama mulai jenjang sekolah dasar. Siswa dengan efikasi diri yang tinggi cenderung lebih percaya diri dalam menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi bila dibandingkan dengan siswa yang efikasi dirinya kurang. Mereka lebih yakin bahwa mereka dapat menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan ide-ide baru. Artikel ini untuk (1) menguji efikasi diri siswa sekolah dasar; (2) menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar; dan (3) menjelaskan hubungan efikasi diri dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui hasilnya, digunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh dengan responden seluruh siswa kelas V SDN Sampung 2, Magetan sebanyak 12 orang. Data dianalisis dengan teknik Uji Korelasi Product Moment Pearson. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara efikasi diri dan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V dalam pembelajaran. Bahasa Indonesia. Semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki siswa, semakin tinggi pula tingkat berpikir seseorang.


Keywords


Efikasi Diri, Berpikir tingkat tinggi, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Afandi & Sajidan. (2018). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta: Penerbit dan Percetakan UNS.

Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F. (2022). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Fitriyah, L.A., Wijayadi, A.W., Manasikana, O., Hayati, N. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi. Jombang: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Ghufron & Risnawati. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, A.W. (2012) Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidajat, F.A. (2022). Buku Ajar Pengembangan Berpikir Tinggi dan Berpikir Kreatif Matematis. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Hutasoit, M.D.B. (2018). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. (Skripsi). Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Indrawati, F.A. & Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C (Prosiding Seminar Nasional Matematika 2). https://journal.unnes. ac.id/siu/index.php/prisma/.

Kuswana, W.S. (2012). Taksonomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, A. (2018). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Soal Buatan Guru Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation). Universitas Negeri Medan, Medan.

Muhammad, N.I., Amran, M., DH, Satriani. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.31960/ dikdasmen-v1i1-1060.

Musaddat, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Mataram: Arga Puji Press.

Nasrah, Novianti, & Kaharuddin. (2021). The Effect of Self Efficacy on Students Learning Outcomes at Elementary School. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1259. http://dx.doi.org/10. 33578/jpfkip.v10i5.8467.

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078–86. https://doi.org/10.31004/ cendekia.v6i3.1423.

Sani, R.A. (2019) Cara Membuat Soal HOTS. Tangerang: Tira Smart.

Suciawati, V. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 17–22, http://jurnal.unma.ac.id/index. php/dm.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Indramayu: Penerbit Adab.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zulmaulida, R., Wahyudin., Dahlan, A., (2018). Watson-Glaser’s Critical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1028 (1): 3, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012094.


Article Metrics

Abstract has been read : 0 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i1.20399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats