ANALISIS KARAKTERISTIK TOKOH PADA FILM “AIR MATA DI UJUNG SAJADAH” KARYA KEY MANGUNSONG

Authors

  • Syarifah Rachmadina Putri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dzarna Dzarna Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dina Merdeka Citraningrum Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i1.20394

Keywords:

Film, Karakteristik Tokoh, Edgar V. Roberts

Abstract

Penelitian ini menganalisis karakteristik tokoh utama dalam film “Air Mata di Ujung Sajadah†menggunakan pendekatan teori karakteristik tokoh Edgar V. Roberts. Latar belakang penelitian ini meliputi kebutuhan akan pemahaman yang mendalam terhadap karakter-karakter dalam film sebagai elemen penting dalam pengembangan naratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik tokoh utama dalam film tersebut serta kontribusinya terhadap perkembangan alur cerita. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan intrinsik dan ekstrinsik Roberts. Data yang dianalisis terdiri dari dialog, tindakan, dan respons tokoh utama, serta konteks eksternal seperti pandangan tokoh lain. Hasil penelitian menunjukkan kompleksitas karakter Aqilla, Halimah, Arif, Yumna, dan Baskara dalam menghadapi konflik dan mempengaruhi perkembangan alur cerita. Aqilla menjadi penggerak utama konflik, sementara Halimah memicu konflik dengan tindakannya yang kontroversial. Arif dan Yumna berperan sebagai penyeimbang, sedangkan Baskara merepresentasikan kebahagiaan dan keterikatan emosional yang memengaruhi keputusan akhir Aqilla. Analisis karakteristik tokoh utama juga mengungkapkan perkembangan karakter Aqilla dari sisi baik dan peduli menjadi penuh penderitaan dan kemarahan, hingga akhirnya menerima kebahagiaan Baskara di bawah asuhan orang tua angkatnya. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang kompleksitas karakter dalam film dan kontribusinya terhadap perkembangan alur cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394

Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Sosial dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram dalam Membentuk Identitas Diri Remaja. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 98-112. https://jurnal.alimspublishing.co.id/index.php/simpati/article/view/225

Ambarwati, M. F. L. (2023). Menavigasi Generasi Z: Tantangan Manajemen SDM di Era Baru. TarFomedia, 4(2), 8-14. http://www.journal.starki.id/index.php/forum/article/viewFile/1002/528

Citraningrum, D. M. (2012). Representasi Nilai Moral Masyarakat Using dalam Cerita Rakyat Banyuwangi. Skripsi, Universitas Negeri Malang.

Dharma, I. D. A. E. P., Karpika, I. P., & Setiyani, R. Y. (2024). Dampak Praktik Perundungan terhadap Partisipasi dan Kesejahteraan Siswa: Kajian Holistik di Sekolah. Buletin Edukasi Indonesia, 3(01), 38-45. https://journal.iistr.org/index.php/BEI/article/view/496

Dzarna, D. (2020). Exploring the Meaning of Regional Literature of Jember Pendalungan Community. Prosiding Seminar Nasional dan Internasional HISKI (pp. 133-142). https://prosiding.hiski.or.id/ojs/index.php/prosiding/article/view/58

Dzarna, D., Hima, R., Rahmawati, E. N., & Asmy, E. J. (2022). Lagu Madura Sebagai Media Pengenalan Budaya (Tinjauan Wacana Kritis). CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics, 8(2), 147-160. https://ocs.unmul.ac.id/index.php/CALLS/article/view/7445

Dzarna, D., Usman, A., & Oktarini, W. (2023). Capacity Building Masyarakat Pandhalungan melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28410-28415. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11421

Fawzy, H. M., & Nurhadiyanto, L. (2021). Determinan Flaming Terhadap Atlet Esport Dalam Perspektif Teori Space Transition of Cyber Crime di Instagram (Studi Kasus Skandal Listy Chan). Anomie, 3(1), 44-59. https://jom.fisip.budiluhur.ac.id/index.php/anomie/article/view/487

Fitria, K., & Febrianti, Y. (2020). the interpretation and attitude of body shaming behavior on social media (a Digital Ethnography Study on Instagram). Diakom, 3(1), 12-25. neliti.com/publications/369076/the-interpretation-and-attitude-of-body-shaming-behavior-on-social-media-a-digit

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jamika/article/view/2678

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi media sosial, Youtube, Instagram dan WhatsApp di tengah pandemi covid-19 di kalangan masyarakat virtual Indonesia. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 41-57. https://www.baitululum.fah.uinjambi.ac.id/index.php/b_ulum/article/view/4

Kasim, S. A., Katuuk, H., & Wahyuni, S. (2023). Pengaruh Edukasi Kesehatan Mental Terhadap Perilaku Pencegahan Cyberbullying Pada Remaja Di Kelas X Smk Dewi Laut Bitung. Vitamin: Jurnal ilmu Kesehatan Umum, 1(4), 65-72. https://journal.arikesi.or.id/index.php/Vitamin/article/view/103

Kriyantono, R. (2022). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Mardiah, A. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behaviour Therapy Teknik Home Work Assigment Pada Siswa Kelas VII A Smp Negeri 1 Amuntai Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 184-204. https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/sentri/article/view/448

Mukhoyyaroh, T. (2020). Anonimitas dan deindividuasi pada remaja pengguna sosial media. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 26-32. https://jurnalfpk.uinsa.ac.id/index.php/JPP/article/view/354

Ni’mah, S. A. (2023, July). Pengaruh Cyberbullying pada Kesehatan Mental Remaja. In Prosiding Seminar Sastra Budaya dan Bahasa (SEBAYA) (Vol. 3, pp. 329-338). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/sebaya/article/view/7002

Subhan, F., Sipahutar, I. Z., Manalu, J., Nababan, R., Sinurat, R., & Manik, S. G. (2023). Sinergisitas Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meminimalisir Tindakan Cyberbullying di Dunia Digital. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Politik, 1(2), 96-110. https://kurniajurnal.com/index.php/jpkp/article/view/33

Susanti, E., Salsabila, N., & Syabila, T. (2023). Analisis Interaksi Sosial Mahasiswa Pelanggan Aplikasi Tiktok pada Mahasiswa IPS. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30871-30879. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11993

Sutisna, M., Sucherman, U. U., Suandi, D., Sukatmi, S., & Kumalasari, S. (2022). Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 327-338. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/citizenshipvirtues/article/view/1518

Tyas, S. P., Azzahra, N., Ifada, B. M., & Fajarwati, N. K. (2024). Peran Komunikasi Persuasif Dalam Media Sosial. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 16-22. https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/SABER/article/download/956/916

Wirmando, W., Anita, F., Hurat, V. S., & Korompis, V. V. N. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(3), 117-122. http://ojs.nchat.id/index.php/nchat/article/view/19

Wulandah, S. (2023). Fenomena Cyberbullying: Krisis Etika Komunikasi Netizen Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Analisa Sosiologi, 12(2). https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/70025

Zamzamima, E. L., Hambali, I. M., & Apriani, R. (2022). Instagram Sebagai Ruang Cyberbullying untuk Memenuhi Kebutuhan Gaya Hidup Hedonis Siswa Sekolah Menengah Atas. Buletin Konseling Inovatif, 2(2), 87-96. https://pdfs.semanticscholar.org/f99f/819dc1ee1fa56690cfc0d4fac916542983a3.pdf

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles