PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMPETENSI MENULIS DESKRIPSI SISWA SMP KELAS VIII

Asri Musandi Waraulia

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kompetensi penulisan deskriptif siswa antara yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran ekspositori; (2) pengaruh  motivasi berprestasi terhadap kompetensi menulis deskripsi, dan (3) pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi  menulis deskripsi. Penelitian eksperimen ini menggunakan 2x2 desain faktorial. Populasi adalah semua siswa Kelas VIII SMP di Kabupaten Ngawi, dengan sampel adalah 68 siswa di SMP N 1 dan 2 Mantingan Ngawi dengan menggunakan stratified-cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan uji dan kuisioner. Penelitian ini memiliki kesimpulan yakni (1) kompetensi menulis deskripsi siswa  yang diajar dengan strategi kontekstual secara signifikan lebih baik daripada kompetensi menulis deskripsi siswa yang diajar dengan strategi ekspositori; (2) kompetensi menulis deskripsi siswa  yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik daripada kompetensi menulis deskripsi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah; dan (3) ada interaksi strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi menulis deskripsi.

Keywords


kontekstual,ekspositori, motivasi menulis deskriptif.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 480 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i2.1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats