PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN SUMBERBENING 1 KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI MELALUI STRATEGI OBSERVASI LINGKUNGAN

Authors

  • Pradistya Arifah Dwiarno STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i2.1683

Keywords:

Menulis Puisi, Observasi Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Sumberbening 1 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Hal tersebut dilakukan karena siswa kelas tersebut sangat kurang dalam hal menulis puisi terutama dalam hal judul, isi, dan diksi. Padahal kemampuan menulis terutama menulis puisi harus dimiliki sejak pendidikan dasar. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan yaitu menjadi 2 tahap. Sedangkan tempat penelitian bersifat terikat karena harus dilakukan di sekolah yang bersangkutan. Rancangan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil penilaian dari kegiatan pembelajaran selama 2 siklus. Setelah penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, diperoleh hasil peningkatan dalam hasil belajar. Hasil pada siklus I belum mencapai batas minimal nilai. Barulah setelah siklus II peningkatan hasil belajar terlihat, yaitu dari sisi judul, isi, dan diksi. Siswapun lebih antusias jika menulis puisi dengan strategi observasi lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-10

Issue

Section

Articles