PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATA KULIAH UMUM (MKU) BAHASA INDONESIA UNTUK MENUMBUHKAN BUDAYA MENULIS MAHASISWA IKIP PGRI MADIUN

Eni Winarsih, Rahayu Sulistyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan dengan jelas budaya menulis di kalangan mahasiswa IKIP PGRI Madiun; (2) mendeskripsikan pendekatan saintifik pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia pada mahasiswa IKIP PGRI Madiun; (3) mendeskripsikan hasil dari penerapan pendekatan saintifik pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia pada mahasiswa IKIP PGRI Madiun; (4) mengetahui efektivitas penerapan pendekatan saintifikuntuk menumbuhkan budaya menulis pada mahasiswa IKIP PGRI Madiun.Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakandengan subjek penelitian adalahmahasiswa IKIP PGRI Madiun yang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia, diambil sebagai kelas penelitian adalah kelas IIA Program Studi Pendidikan Teknik Elektro dan kelas IIA Program Studi Pendidikan Akuntansi. Sumber data adalah informan yaitu mahasiswwa dan dosen pengampu, peristiwa/ aktivitas pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, angket, dan pemberian tes/ tugas. Uji validitas data dilakukan dengan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data dengan menganalisis secara deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Hasil penelitian ini: (1) budaya menulis di kalangan mahasiswa IKIP PGRI Madiun sangat perlu ditingkatkan dengan terintegrasi dalam mata kuliah agar karya tulis mahasiswa yang terpublikasi meningkat; (2) penerapan pendekatan saintifik dalam MKU Bahasa Indonesia dilakukan dengan penelitian tindakan kelas di Prodi PTE 2A dan AKT 2A dengan 3 siklus penelitian masing-masing siklus 2 pertemuan, siklus 1 pertemuan 1 dan 2 membahas artikel ilmiah dan popular, kemudian mahasiswa menyusun artikel popular atau essay sampai publikasinya. Siklus ke 2 membahas tentang artikel ilmiah untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, siklus 3 membahas tentang proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 5 bidang sampai tataran unggah proposal di Simbelmawa; (3) pendekatan saintifik pada MKU Bahasa Indonesia dapat meningkatkan produktivitas karya tulis mahasiswa yang dipublikasikan setelah melalui 3 siklus tindakan.


Keywords


pendekatan saintifik, budaya menulis, MKU Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 3547 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v4i2.1682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats