EFEKTIVITAS PENERAPAN KOLABORASI PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DAN PENDEKATAN WHOLE LANGUANGE TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS NEGOSIASI KELAS X DI SMK UNITOMO SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Aditya Fitri Salsabila, Sri Utami, Budi Martono

Abstract


Pada proses pembelajaran dibutuhkan pendekatan yang tepat untuk mengasah kemampuan anak dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Pengkolaborasian dari pendekatan SAVI dan Whole Language ini dapat mengasah kemampuan anak mulai dari indera yang dapat menggunakan gerak tubuh dalam belajar, mendengarkan, melihat, dan mempraktikan, serta menyalurkan pemikirannya melalui mulut dengan berbahasa yang baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelas untuk membandingkan hasil akhir. Terdapat kelas eksperimen (kelas A penggabungan pendekatan SAVI dan Whole Language) dan kelas kontrol (kelas B metode ceramah). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan penerapan dari pengabungan pendekatan SAVI  dan pendekatan Whole Languange terhadap hasil belajar dari siswa yang mengikuti proses pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya di kelas X pada materi teks negosiasi. Hasil data analsis menggunakan SPSS, pada konsep SPSS Jika nilai dari sig. (2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas A (Eksperimen) dan kelas B (Kontrol). Setelah diteliti pada data SPSS hasil nilai dari sig. (2-tailed) < 0,014 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dari kelas eksperimen yang diberikan pendekatan SAVI dan Whole Language dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Artinya kelas eeksperimen memiliki hasil belajar yang signifikan.


Keywords


SAVI, Whole Language, Teks Negosiasi

Full Text:

PDF

References


Ali Gunawan, Muhammad. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Parama Publishing.

Alwi, Hasan. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (20020. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

B.Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. .Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bahri Djamarah, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Carlo. De. J.E. (1995). Perspectives in Whole Language. ALLyn & Bacon. USA.

Fathoni, Abdurrohmat. (2020). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasanah, Yeni, Ratna Sari Dewi. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan SAVI .Jurnal Tarbiyah,hlm.

Hidayah, Nurul. (2014). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Languange. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismail. (20100. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail.

Ismati, Esti dan Faraz Umaya. (2012). Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Ombak.

J. Supranto. (19880. Statistika Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Komsiyah, Indah. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Meier, Dave. (2003). The Accelerated Learning Handbook:Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Mulyasa. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan, dkk. (2009). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Poerwadarminto, WJS. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Rafiuddin, Ahmad dan Darmiyati Zuhdi. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Universitas Negeri. Malang.

Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Richard I. Arends. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosma Hartini Sam’s. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Yogyakarta: Teras.

Slamet. St. Y. (2008). Dasar-dasar pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soepeno, Bambang. (1997). Statistik Terapan Dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Spss.indonesia.co.id.

Sudjana. (2002). Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.

Sugiono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Surna, I Nyoman dan Olga D. Pandeirot. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Suryabrata, Sumadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka


Article Metrics

Abstract has been read : 438 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats