Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa MAN Tempursari Mantingan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa. 2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang mempunya keaktifan tinggi dan rendah. 3) mengetahui apakah ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) dengan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Tempursari Mantingan yang berjumlah 3 kelas. Sebagai sampel diambil dua kelas. Kelas eksperimen I diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan kelas eksperimen II diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yang digunakan untuk memperoleh data keaktifan siswa sedangkan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar ranah kognitif. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji analisis variansi (anava) dua jalan. Sebagai uji lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan α = 5% menunjukkan bahwa: 1) Fobs = 3,41 < Fα = 4,06 sehingga H0A diterima yang berarti ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa. 2) Fobs = 44,38 > Fα = 4,06 sehingga H0B ditolak yang berarti ada perbedaan pengaruh antara keaktifan siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa. 3) Fobs = 0,74 < Fα = 4,06 sehingga H0AB diterima yang berarti tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) dengan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 470 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.927
Refbacks
- There are currently no refbacks.