Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa MAN Tempursari Mantingan

Intan Firda Alifiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa. 2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang mempunya keaktifan tinggi dan rendah. 3) mengetahui apakah ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) dengan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Tempursari Mantingan yang berjumlah 3 kelas. Sebagai sampel diambil dua kelas. Kelas eksperimen I diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan kelas eksperimen II diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yang digunakan untuk memperoleh data keaktifan siswa sedangkan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar ranah kognitif. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji analisis variansi (anava) dua jalan. Sebagai uji lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan α = 5% menunjukkan bahwa: 1) Fobs = 3,41 <  Fα = 4,06 sehingga H0A diterima yang berarti  ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa. 2) Fobs = 44,38 > Fα = 4,06 sehingga H0B ditolak yang berarti ada perbedaan pengaruh antara keaktifan siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa. 3) Fobs = 0,74 < Fα = 4,06 sehingga H0AB diterima yang berarti tidak ada  interaksi  antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) dengan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar.


Keywords


Kooperatif; Student Teams Achievemnt Division; Think Pair Share; Keaktifan Siswa; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 470 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.