Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Visual Dan Media Realita Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan berfikir Abstrak Siswa

Bachtiar Suherman

Abstract


              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah ada pengaruh pembelajaran kontekstual menggunakan media visual dan media realita mengenai perpindahan kalor terhadap hasil belajar siswa, 2) apakah ada pengaruh kemampuan berfikir abstrak siswa tinggi dan rendah dengan pembelajaran kontekstual menggunakan media visual dan media realita mengenai perpindahan kalor terhadap hasil belajar siswa, 3) apakah ada interkasi antara pembelajaran kontekstual menggunakan media visual dan media realita mengenai perpindahan kalor dengan kemampuan berfikir abstrak terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA N 1 Nglames, sejumlah 9 kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I menggunakan pembelajaran kontekstual menggunakan media visual dan kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran kontekstual menggunakan media realita. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kognitif untuk data hasil belajar dan tes kemampuan berfrikir abstrak untuk memperoleh data kemampuan berfikir abstrak siswa. Adapun untuk kategori kemampuan berfikir abstrak tinggi = X >  dan kemampuan berfikir abstrak rendah  = X  < . Teknik uji instrumen soal kognitif dan soal kemampuan berfikir abstrak meliputi validitas, reliabilitas, taraf kesukara, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data menggunakan anava dua sel tak sama dengan desain penelitian 2 x 2. Uji lanjut anava menggunakan uji scheffe.


Keywords


Pembelajaran Kontekstual; Hasil Belajar; Kemampuan Berfikir Abstrak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 444 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.