Pengembangan Practical Guide Dengan Konten Emotional Intelligence Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa MAN 2 Madiun

Andri Dwijayanti, Mislan Sasono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan practical guide dengan konten emotional intelligence berbasis inkuiri terbimbing. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan pengembangan perangkat pembelajaran  “practical guide dengan konten emotional intelligence berbasis inkuiri terbimbing” dapat meningkatkan keterampilan proses siswa.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan penelitian yang memuata tiga komponen utama yaitu: (1) Model Pengembangan, Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. (2) Prosedur pengembangan, Adapun prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (four-D). (3) Uji  coba produk, produk yang telah dikembangkan akan di uji cobakan pada dua kelas yang berbeda yakni XI MIA 4 untuk uji coba kelas kecil dan  kelas XI IIS 1 sebagai uji coba kelas terbatas. Teknik analisis data pada penelitian adalah lembar validasi materi dan media, lembar respon siswa dan guru kemudian dimasukan dalam kriteria penilaian sebagai berikut: (90-99) sangat baik, (80-89) Baik,  (70-79) Cukup dan (60-69) kurang. Hasil dari validasi adalah 82,5% (B) dan 96, 5% (A), sedangkan respon siswa 84% (B) di kelas kecil, 86,7% B) di kelas terbatas. Berdasarkan hasil nilai observer telah menyatakan bahwa practical guide mampu meningkatkan keterampilan proses siswa  dengan menggunakan perhitungan N- Gain. Hasil yang diperoleh yaitu 0,8 dengan kriteria g > 0,7 dan dikategorikan mempunyai peningkatan yang tinggi pada uji kelas kecil. Pada kelas terbatas mendapatkan hasil 0,4 kriteria yang digunakan 0,3< g ≤ 0,7 dengan kategori sedang.  Melihat hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa practical guide dengan konten emotional intelligence berbasisi inkuiri terbimbing  layak digunakan pada kegiatan praktikum dan mampu meningkatkan keterampilan proses siswa.


Keywords


Practical guide; emotional intelligence, inkuri terbimbing; keterampilan proses

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 182 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.