Survei Pemahaman Mahasiswa Fisika Pada Materi Kalor Dan Temperatur

Dewanta Arya Nugraha, Suparmi Suparmi, Muhammad Masykuri, Cari Cari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman materi kalor dan temperatur yang dimiliki mahasiswa menggunakan Heat and Temperature Conceptual Evaluation (HTCE) yang dikembangkan oleh Thornton dan Sokoloff. Penelitian survei dilakukan terhadap 11 mahasiswa semester 3 dan 30 mahasiswa semester 5 Program Studi S1 Fisika FMIPA Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan diperoleh data pemahaman mahasiswa pada konsep kalor dan temperatur, laju pendinginan, kalorimetri, laju perpindahan kalor, persepsi panas, kapasitas kalor jenis, perubahan fase, dan konduktivitas termal. Secara garis besar sebagian besar mahasiswa belum memahami konsep pada materi kalor dan temperatur dengan baik. Penelitian survei ini akan dijadikan dasar pijakan atau penelitian pendahuluan bagi peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan dengan lokasi penelitian yang sama.

 


Keywords


Survei; Pemahaman; Konsep; Kalor dan Temperatur

Full Text:

PDF

References


R. K. Thorton and D. R. Sokoloff. 1998. Assessing student learning of Newton’s laws: The Force and Motion Conceptual Evaluation and the Evaluation of Active Learning Laboratory and Lecture Curricula. Am. J. Phys. 66 (1998) 338.

Hestenes, D., Wells, M., Swackhamer, G. 1992. “Force Concept Inventory.” The Physics Teacher.

Wattanakasiwich, P., Taleab, P., Sharma, M. D., Johnston, I. D.2013. Development and Implementation of Conceptual Survey in Thermodynamics. International Jornal of Innovation in Science and Mathematic Education, 21(1), 29-53.

Thorton, R. K. and Sokoloff, D. K. (2001). “Heat and Temperature Conceptual Evaluation”. Physport.org didownload dari https://www.physport.org/assessments/assessment.cfm?I=16&A=HTCE [28 Desember 2015].

Tanahoung, C., Chitare, R., Soankwan, C. 2008. Surveying Introductory Physics Students’ Understanding of Heat and Temperature. THAI JOURNAL OF PHYSICS, SERIES 3, 165

Carlton, K. ,(2000). Teaching about Heat and Temperature. Physics Education IOP Publishing, 35(2), 101105.

Yeo, S., Zadni, M.. 2001. Introductory Thermal Concept Evaluation: Assessing Students’ Understanding. The Physics Teacher, 39, 496-504

Baser M. 2006. Effect of Conceptual Change Oriented Instruction on Student’s Understanding of Heat and Temperature Concepts. Journal of Maltase Education Research. ISSN 1726-9725.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta


Article Metrics

Abstract has been read : 1535 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/snpf.v0i0.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.