Learning Machine System (LMS) SPADA untuk adaptasi pengajaran online

Muhlis Fajar Wicaksana, Nurratri Kurniasari, Titik Sudiatmi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dan menguraikan sistem pengajaran online berbasis Learning Machine System (LMS) SPADA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Metode penelitian melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan sampel menerapkan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terfokus pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Adapun Teknik keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) interaksi komunikasi antara dosen dan mahasiswa dalam sistem pengajaran online melalui LMS SPADA perlu dioptimalkan; 2) bahan ajar yang digunakan dalam sistem pengajaran perlu disiapkan dengan seksama; 3) media pengajaran yang banyak digunakan oleh dosen melalui powerpoint, aplikasi obs, dan melalui whatsapp group; 4)  kendala sistem pengajaran online dialami oleh dosen terkait penguasaan teknologi terbarukan, sedangkan bagi mahasiswa terkendala sinyal  internet, kuota internet, dan kurang disiplin dalam mengerjakan tugas; 5) sistem penilaian dalam pengajaran online masih terabaikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dosen harus membangun interaksi komunikasi yang baik dengan mahasiswanya, salah satunya memberikan informasi terkait system pengajaran. Bahan ajar dan media pengajaran yang akan diterapkan dalam sistem online hendaknya juga memperhatikan faktor ketertarikan bagi mahasiswa, disusun yang kreatif, menantang, dan terpola pada suatu aktivitas. Penilaian pada sistem pengajaran online dapat dilakukan melalui penilaian teman sejawat dengan menerapkan teknik portofolio. Selain itu, untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa perlu dilakukan diskusi online secara periodik dan terarah.


Keywords


online, adaptif, SPADA, LMS

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdi, M., Bachtiar, G., & Daryati, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) pada Topik Pembahasan Baja Sebagai Bahan Bangunan. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 6(2), 83-91. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil/article/view/7243

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

CYRIACO, A., Nunn, D., Amorim, R. F. B. d., Falcão, D. P., & Moreno, H. (2017). Pesquisa qualitativa: conceitos importantes e breve revisão de sua aplicação à geriatria/gerontologia. Geriatrics, Gerontology and Aging, Rio de Janeiro, 11(1), 4-9. https://cdn.publisher.gn1.link/ggaging.com/pdf/v11n1a02.pdf

Dewi, H. I. (2015). Pengembangan Strategi Pembelajaran Berlandaskan Cara Berpikir Kreatif untuk Membuat Karya Arsitektur. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 107-118. https://doi.org/ https://doi.org/10.21009/jtp.v17i2.10229

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 95-104.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA Ganesha University of Education].

Dursun, T., Oskaybaş, K., & Gökmen, C. (2013). The quality of service of the distance education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 103, 1133-1151. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.441

Fields, A. (2020). Embedding librarians in online tertiary classrooms: A new model for learner support. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1373-1385. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/bjet.12892

Gundongan, M. B., & Eby, G. (2012). A green touch for the future of distance education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 55, 789-798. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.565

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233.

Holmgren, R. (2012). Preparations for practical exercises in vocational education: Can ICT-based distance instruction be an alternative to face-to-face instruction? An empirical contribution. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 1152-1161. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.266

Hudha, M. N., Chaeruman, U. A., Aji, S. D., Huda, C., Yusro, A. C.,

Kumala, F. N., Wartono, W., Nandiyanto, A. B. D., & Abdullah, A. G. (2018). SPADA: Online learning between universities of PGRI Indonesia. MATEC Web of Conferences,

Lenar, S., Artur, F., Ullubi, S., & Nailya, B. (2014). Problems and decision in the field of distance education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 131, 111-117. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.088

Marbun, P. (2021). Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19. CSRID (Computer Science research and its development journal), 12(2), 129-142. http://csrid.potensi-utama.ac.id/index.php/CSRID/article/view/408

McEnroe-Petitte, D., & Farris, C. (2020). Using gaming as an active teaching strategy in nursing education. Teaching and Learning in Nursing, 15(1), 61-65. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.teln.2019.09.002

Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54-60. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil/article/view/13453

Noesgaard, S. S., & Ørngreen, R. (2015). The effectiveness of e-learning: an explorative and integrative review of the definitions, methodologies and factors that promote e-learning effectiveness. Electronic Journal of E-learning, 13(4), 278-290. https://vbn.aau.dk/en/publications/the-effectiveness-of-e-learning-an-explorative-and-integrative-re

Pratama, H., Maduretno, T. W., & Yusro, A. C. (2021). Online Learning Solution: Ice Breaking Application to Increase Student Motivation. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(1), 117-125. https://doi.org/ https://doi.org/10.26858/est.v7i1.19289

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69-76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Pujiasih, E. (2020). Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48-42–48. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/136

Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 9(2), 192-202. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/view/497

Ramlawati, R., Liliasari, L., Martoprawiro, M. A., & Wulan, A. R. (2014). The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Students' Generic Science Skills in Practical Inorganic Chemistry. Journal of Education and Learning, 8(3), 179-186.

Rochmiyati, R. (2013). Model peer assessment pada pembelajaran kolaboratif elaborasi IPS terpadu di sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 333-346. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1704

Scagnoli, N. I., Choo, J., & Tian, J. (2019). Students' insights on the use of video lectures in online classes. British Journal of Educational Technology, 50(1), 399-414. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/bjet.12572

Semradova, I., & Hubackova, S. (2016). Teacher responsibility in distance education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217, 544-550. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.042

Stöhr, C., Stathakarou, N., Mueller, F., Nifakos, S., & McGrath, C. (2019). Videos as learning objects in MOOCs: A study of specialist and non‐specialist participants' video activity in MOOCs. British Journal of Educational Technology, 50(1), 166-176. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/bjet.12623

Suarsana, I. M., Supawidhiasih, N. P., & Parwati, N. N. (2018). The Use Of Portfolio Assessment To Overcome The Weakness Of Scientific Approach. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(1), 41-50. https://doi.org/ http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v7i1.10394

Yaumi, M. (1996). the Implementation of Distance Learning in. Learning, 196-215.

Yunanto, A. A., Herumurti, D., Rochimah, S., & Kuswardayan, I. (2019). English education game using non-player character based on natural language processing. Procedia Computer Science, 161, 502-508. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.158


Article Metrics

Abstract has been read : 642 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v5i1.9455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats