Analisis Keselarasan Antar Komponen RPP pada Materi Teks Prosedur Kelas VII SMP

Anita Rachmawati, Rahayu Pristiwati, Wagiran Wagiran

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keselarasan antar komponen RPP pada materi teks prosedur kelas VII SMP. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan kajian kepustakaan. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif sebagai pendekatan untuk menganalisis keselarasan antar komponen RPP pada materi teks prosedur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data sekunder. Adapun data sekunder melalui RPP, telaah pustaka dari jurnal ilmiah internasional, nasional, artikel ilmiah, dan buku-buku terkait dengan topik karya ilmiah. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Reduksi data diartikan sebagai proses pemilihan membatasi suatu penyajian. Penyajian data sebagai sekumpulan informasi tersusun yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Kesimpulan-kesimpulan juga diverifikasi selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini yaitu terdapat keselarasan antar komponen RPP. Pertama, keselarasan antara SKL, KI, KD, IPK, dan Tujuan Pembelajaran. Kedua, Keselarasan KD-IPK dengan Materi Pembelajaran. Ketiga, keselarasan KD-IPK-Tujuan Pembelajaran dengan proses KBM. Keempat, keselarasan KD-IPK-Tujuan Pembelajaran dengan Penilaian.


Keywords


Komponen RPP; RPP;Teks Prosedur

Full Text:

PDF

References


Erayati, dkk. 2014. Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar oleh Guru pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 di SMA. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Mahmudah, Triastuti. 2015. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Bantul. Skripsi. UNY: Yogyakarta.

Purnamasari dan Wangid. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach untuk Membangun Karakter Kepedulian dan Kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 2.

Rahmadi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika. Jurnal Pythagoras. Volume 10 Nomor 2.

Setyawanto, dkk. 2012. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Malang. Jurnal Online UM.

Syahbana, Ali. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Edumatica. Volume 02 Nomor 02.

Zendrato, Juniriang. 2016. Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Jurnal Scholaria. Vol 6 No2.


Article Metrics

Abstract has been read : 2813 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v4i1.6378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats