Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan pengaruh kualitas pelaksanaan Literasi Sekolah terhadap hasil belajar berbicara siswa SD Negeri segugus Taman kota Madiun; (2) menemukan pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar berbicara siswa SD Negeri segugus Taman kota Madiun. (3) menemukan interaksi antara kualitas pelaksanaan literasi dan minat membaca terhadap hasil belajar berbicara siswa SD Negeri segugus Taman kota Madiun.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain penelitian factorial 2 X 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk gerakan literasi sekolah dan minat baca, serta hasil belajar berbicara .Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalan dengan program SPSS versi 13. Dari analisis Inferensial diperoleh simpulan: (1) Ada pengaruh kualitas pelaksanaan gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar berbicara siswa SD secara signifikan antara kelompok kualitas pelaksanaan gerakan literasi tinggi dengan kualitas pelaksanaan gerakan literasi rendah. (2) Ada pengaruh minat baca terhadap prestasi berbicara siswa SD secara signifikan antara kelompok minat baca tinggi dengan minat baca rendah. (3) Ada interaksi antara kualitas pelaksanaan literasi dan minat baca terhadap prestasi belajar berbicara siswa SD secara signifikan ditinjau dari antara pelaksanaan gerakan literasi dengan minat baca.
Downloads
Article Details
References
Adelina, N., dkk. (2016). Tema 2 Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan Buku Tematik Terpadu kurikulum 2013:Buku Siswa SD Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbud.
Adelina, N. (2016). Tema 2 Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan Buku Tematik Terpadu kurikulum 2013:Buku Guru SD Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbud.
Anita W, Sri dkk, (2008). Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, S. (1989). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A Principal’s Guide toLiteracy Instruction. New York: Guilford Press.
Borg,Walter R & Gall, Meredith Damien.(1979). Education Research; An Introcduction Third Editions. London: Longman.
Crow and Crow.( 1973). An Outline of Psicology .Terjemahan oleh Shaleh dan Wahab, Jakarta: Kencana
Darmono, (2001). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.
Fauzah, D. U., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan MenengahKementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gagne, E.D. (1985). The Cognitive Psychology of School Learning. Boston- Toronto: Litle, Brown and Company.
Gail, E., Brewster, J., & Mohammed, S. (1991). Storytelling Handbookfor Primary Teachers. England: Penguin.
Hamilton, E. W. (2009). Raising Bookworms: Getting Kids Reading for Pleasure and Empowerment. Sag Harbour, NY: Beech Tree Books.
Hartono, R. (2013). Ragam Model mengajar yang mudah diterima murid. Jogyakarta: Diva Press
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hemati, H dan Moradi, M. (2013). Manajemen Pembelajaran. Surabaya: PT STAIN Salatiga Press
Hermanto, B. (2012). Pengaruh Prestasi Trainin, Motivasi Dan Masa Kerja Teknisi Terhadap Produktivitas Teknisi Di Bengkel Nissan Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Joyce, B and Weil, M.(1996). Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Kasihani. (2009). Model-model Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Iskandarwassid dan Suhendar. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Ismawati, E. dan Umaya, F. (2012). Belajar Bahasa Di kelas Awal. Yogyakarta: PT. Ombak
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kundharu dan St. Y. Slamet. (2005). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia.Yogyakarta: Graha Ilmu
Mullis, I. V.S, et al. (2012). PIRLS, 2011 International Results in
Reading. TIMS & PIRLS Study Center, Boston: Lynch School of Education.
Musbikin, I. (2004). Mendidik Anak Kreatif Ala Eistein. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Nurgiantoro, B. (2009). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra edisi 3. Yogyakarta: Penerbit BPFE Yogyakarta.
Nurgiantoro, B. (2011). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know. New YORK: Colombia University
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/ Kota.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Prasetyono, D. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Jogyakarta: Think
Purwanto, A. E. & Sulistyastuti, D.R. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif untuk administrasi public dan masalah-masalah sosial. Yogyakarta; Penerbit Gava Media
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Ricard, K. (2000). Literacy & Language Teaching, oxford. New York: Oxford University Press.
Sanjaya, W. (2015). Strategi pembelajaran berorentasi Standar Proses. Jakarta: Kencana
Slameto, S.( 2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Reika Cipta
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhartono, S. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163.
Suyono. (2011). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi; Analisis konteks, prinsip, dan wujud alternative Strategi Implementasinya di Sekolah. Malang: Penerbit Cakrawala Indonesia
Syaiful.(2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
T.W.Solchan. (2013).Pendidikan Bahasa Indonesia di SD.Jakarta.Universitas Terbuka
Tarigan,H.G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
UNESCO. (2005). Development of Information Literacy: Through SchoolLibraries in Southeast Asia Countries. Bangkok. UNESCO
UNESCO. (2003). The Prague Declaration. “Towards an Information Literate Societyâ€. Bangkok.UNESCO
Uzer Usman, M. dan Setyowati, L. (2006). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya