Pengaruh Penggunaan Metode SQ3R dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Memahami Bacaan SIswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Sawahan
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan memahami bacaan; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan memahami bacaan; 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran SQ3R dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami bacaan. Sampel dalam peneletian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data Primer dan Sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi, Kuesioner dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif dan analisis data secara Inferensial dengan menggunakan teknik analisis of variance (ANOVA) dalam program SPSS. Hasil analisis menunjukkan: 1). Ada pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan memahami bacaan, dengan nilai F hitung lebih kecil dari F tabel (0,001 < 0,05). 2). Ada pengaruh tinggi rendah motivasi belajar siswa terhadap kemampuan memahami bacaan, dengan nilai F hitung lebih kecil dari F tabel (0,002 < 0,05). 3). Ada pengaruh penggunaan metode  pembelajaran SQ3R dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami bacaan, dengan nilai F hitung lebih kecil dari F tabel (0,008 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode SQ3R dan moviasi belajar baik secara parsial  maupun  secara  bersama-sama  terhadap  kemampuan memahami bacaan, pada siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun.
Downloads
Article Details
References
Abidin. (Ed.). (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Ahmad, S. (2010). Speed Reading Teknik dan Metode Membaca Cepat. Jogjakarta: A*Plus Books
Ahuja, A dan Ahuja. (2004). Membaca Secara Efektif dan Efisien. Jakarta: Kiblat Buku Utama.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, H. D. (2000). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. White Plains: Addison Wesley Logman.
Brown, H. D. (2003). Language Assesment Principles and Classroom Practices. White Plains: Addison Wesley Logman.
Dalman, D (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Dyahpuspita, N. (2005). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV.2 SD Muhammadyah Mutihan Tahun Pelajaran 2014/2015. FKIP UNY.
Fitriani, D. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R). Jurnal Pesona.Volume 3.
Hidayah, N. (2016). Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 3 no 2. IAIN Raden Intan Lampung.
Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nurgiyantoro, B. (2014), Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Purwanto, P. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Putra, M.S, (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta:PT Macananjaya Cemerlang.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Schunk, Dalle H. Pintrich, Paul R. Meece, Judith L. Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi. (terjemahan Ellys Tjo. Jakarta Barat: Indeks. Buku asli diterbitkan tahun 2008
Saddono, K., dan Slamet, S. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sarwiji, S. (2011). Model-model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sidebang, R. (2016). Jurnal Tematik 6. University Quality Sumatra Utara.
Soedarso. (2004). Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tampubolon, D.P. (1987). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.