Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik M3 SISWA KELAS IX SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo

Sri Purwanti

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks pidato melalui pendekatan konstruktivisme dengan teknik M3 Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Babadan, Ponorogo. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistim siklus. Prosedur penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Kecamatan Babadan sebanyak 22 siswa, yang terdiri-dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh melalui tindakan awal, siklus I, dan siklus II sebagai berikut (1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan teknik M3 kemampuan menulis teks pidato rendah, banyak kesalahan yang dilakukan sistematika tidak runtut, pemborosan kata, kesalahan ejaan; dan (2) Penggunaan pendekatan Konstruktivisme dengan teknik M3 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks pidato. Pada tindakan awal diperoleh rerata kelas 70.63, siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 adalah 15 siswa sedangkan yang tuntas 7 siswa, dan ketuntasan klasikal 31.81%. Pada siklus I diperoleh nilai rerata 80.18, siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 adalah 15 siswa, yang tidak tuntas 7 siswa dan ketuntasan klasikal 68.18%. Selanjutnya pada siklus II nilai rerata 85, 22 siswa mendapatkan nilai lebih atau sama dengan 75, dan ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada pembelajaran menulis teks pidato melalui pendekatan konstruktivisme dengan teknik M3. Oleh karena itu, agar keterampilan menulis teks pidato meningkat, penggunaan pendekatan konstruktivisme dengan teknik M3 sangat tepat sekali diterapkan dalam pembelajaran di kelas.


Keywords


Menulis Teks Pidato; Pendekatan Konstruktivisme; Teknik M3

Full Text:

PDF

References


Alwi, H., dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Anindyarini, dkk. (2008). Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Bahar, P. (2016). Seni Membawakan Pidao dan MC. Yogyakarta: Chivita Books.

Saddhono, K dan Slamet. (2014). Pembelajaran Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Semi, A. (1990). Penelitian Bahasa dan Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Sumarna, S. H. (2016). Super Lengkap Naskah Pidato & MC. Klaten: Cable Book.

Suroso. (2012). “Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Belajar dan Pembelajaran”. Tersedia pada http://repository.library.uksw.edu/ bitstream/handle/123456789/3178/ART_Suroso_Pemikiran%20Ki%Hadjar_full%20text.pdf?sequence=2 (3 Maret 2017).

Sutejo dan Kasnadi. (2009). Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Nurjamal, D. (2011). Terampil Berbahasa.Bandung: Alfabeta.

Umaedi. (1999). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Nasional.

Wuryadi. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Sains. Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan MIPA di Era Globalisasi-Prosiding, 22 Agustus 2000, pp.18-23. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 1163 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i1.4653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats