Pengggunaan Contextual Teaching Andlearning (CTL) Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Tunagrahita SLB PGRI Kawedanan Magetan
Main Article Content
Abstract
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menulis sederhana siswa tunagrahita kelas III. Fokus penelitian ini meliputi bagaimana kemampuan menulis kalimat sederhana melalui aktivitas penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan di SLB PGRI Kawedanan Magetan.Berdasarkan permasalah yang ditetapkan, rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan, wawancara, dan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara mendeskripsikan data awal, data siklus I, dan data siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas III. Peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana ditunjukkan dari meningkatnya rata-rata kemampuan menulis kalimat sederhana dari sebelum dilakukan tindakan 55,5 menjadi 68,4 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 79,5 pada siklus II, berarti terjadi peningkatan 20. Ini artinya kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas III dapat dikatakan tuntas, karena nilai rata-rata 79,5 diatas KKM 70,0.
Downloads
Article Details
References
Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Agnesia.
Amin, M. (1996). Orthopedagogik Anak Tunagrahita. Bandung: Depdikbud.
Alwi, H, dkk. (1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.
Akhadiat, S, dkk. (1996). Menulis.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Arifin, Z & Junaiyah, H. M. (2008). Sintaksis. Jakarta: PT. Grasindo
Arikunto, S. (1983). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara
Miles, B. M. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP
Muliono, H. A., Sujono, D., Hans, L. (2000). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ke Tiga. Jakarta: Balai Pustaka
Nurhadi, dkk. (2002). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sadiman, A. S. dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Semi, M. A. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Sumantri, S. (2004). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sugono, D. (1994). Berbahasa Indonesia Dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
Tarigan, T& Guntur, H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi. Jakarta: Presfrass Belajar.