Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi Melalui Penerapan Metode Team Assisted Individualization Pada Siswa SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora

Ani Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi, dan (2) meningkatkan keterampilan menulis eksposisi siswa melalui penerapan metode Team Assisted Individualization pada siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, pemberian tugas, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survei awal, siklus I sampai siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi dan meningkatkan keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora. Pada Prasiklus 12 % yang tuntas. Siklus I keterampilan menulis eksposisi mencapai 38,46% , Siklus II mencapai 69% dan siklus III mencapai 81%.


Keywords


Keterampilan Menulis Eskposisi; Team Assisted Individualization

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. dan Alwasilah, S. (2007). Pokoknya Menulis Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Danim. (2013). Karya Tulis Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Kusumaningsih, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Andi.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Marahimin (2004). Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Pamungkas. (2012). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Andi Offset.

Sabana, M dan Sunarti. (2005). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Slamet, St. Y. (2009). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Surakarta: UNS Press.

Slavin, S. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract has been read : 756 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i1.4539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats