Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi

Main Article Content

Nana Suyana
Aster Pujaning Ati
Sigit Widiyarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas pemakaian metode partisipatori untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat argumentasi. Penelitian ini memakai rancangan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding (The One Group Pretest Posttest). Subyek penelitian Siswa MTs Nurul Hikmah, dengan sampel data sebanyak 40 siswa. Data diolah dengan SPSS 22.  Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji Normalitas, Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α =5%, Hasil uji normalitas didapat nilai Shapiro-Wilk 0.73 sehingga pada α = 5%= 0.05 < Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians Levene Nilai Sig. 0.573, pada tingkat signifikansi α = 5 % =0.05 < Sig.0.573 sehingga dapat dikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 95%, rata-rata kemampuan menulis argumentasi setelah perlakuan dengan memakai metode partisipatori (mean sebesar 78.6854) dibanding sebelum memakai media (mean sebesar 61.8765). Dengan kata lain, pemakaian metode partisipatori berpengaruh signifikan pada tingkat kepercayaan 95%.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi, dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: PT Prestasi

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Pidarta, Made. (2015). Perencanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Pramesti, Getut. (2014). Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Santoso Singgih. (2015). SPSS 20 Pengolah Data Statistik di Era Infomasi. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Kisworo Wayu Marsudi. (2016). Revolusi Mengajar Pembelajaran aktif Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAKEM). Jakarta: Asyik Generation.

Widiyarto, S. (2018). Pengaruh Metode Cooperative Scrift dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. KHAZANAH PENDIDIKAN, 11(1).

Laeli, A. N. dkk. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (online), 1-8.

Margiati (2012), Pengembangan model Pembelajaran instruksi Partisipatori pada pembelajaran menulis berita bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik smp kelas VIII.Seloka. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia. 1 (2)