Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Reading and Composition (CIRC) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Apresiasi Cerpen Siswa SDN Mrayan Kabupaten Ponorogo

Main Article Content

Pamularsih Pamularsih

Abstract

Kemampuan apresiasi karya sastra sangat dipengaruhi oleh beberapa kemampuan yang lain. Kemampuan tersebut salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Di dalam kemampuan berpikir kritis, kemampuan akademis siswa akan terbentuk. Dalam kaitannya dengan pembelajaran apresiasi cerpen, siswa dituntut untuk mampu menganalisa setiap unsur yang terdapat dalam cerpen. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Reading and Composition (CIRC) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Apresiasi Cerpen. Penelitian ini berjenis kuantitatif eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan mempertimbangkan karakteristik tertentu. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode CIRC dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan apresiasi cerpen siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi, Abu & Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka.

Ahuja, Pramila. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat.

Danarjati, D.P dkk. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Kependidikan: Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2007. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali, dkk. 2007. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fauzi. 2004. Teori Persepsi. Jakarta: Rineka Cipta.