Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi

Etik Yuliana Prasetyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan adanya pengaruh motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan tujuan tertentu. Total sampel berjumlah 60 siswa. Teknik penghitungan menggunakan anova 2x2. Temuan dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Isbandi, Rukminto. 2000. Psikologi Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan Sosial (Dasar-Dasar Pemikiran). Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Jones, Derek Ilewellyn. 2012. Panduan Lengkap Tentang Kesehatan, Kebidanan dan Kandungan. Jakarta: Delaprasta.


Article Metrics

Abstract has been read : 1914 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats