Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMPN 2 Tegalsiwalan

Main Article Content

Putu Ngurah Rusmawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas isi, reliabilitas, tingkat kesukaran, tingkat diskriminasi dan distraktor atau pengecoh dari butir soal UAS Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 2 Tegalsiwalan tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif karena penilitian ini difokuskan pada analisa konten. Subject dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Tegalsiwalan. Object dalam penelitian ini diambil dari soal ujian akhir semester berbentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulkan data menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi untuk mengetahui deskripsi mengenai hasil evaluasi belajar siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa validitas isi pada butir soal pilihan ganda mempunyai tingkat kesesuaian yang cukup tinggi dengan indikator pada silabus dan kurikulum. Hal ini telah dibuktikan dengan analisa pemetaan konten silabus. Reliabilitas butir soal dianalisis dengan menggunakan rumus KR-20 adalah 0,88. Reliabilitas butir soal pilihan ganda memiliki korelasi yang tinggi. Tingkat kesulitan butir soal dari keseluruhan butir soal yang memenuhi persyaratan kelayakan sebesar 55%. Tingkat diskriminasi butir soal dari keseluruhan butir soal yang memenuhi syarat tingkat diskriminasi sebesar 0,25. Distraktor pilihan ganda butir soal sudah diatas 5% yaitu 16,7%

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asmawi, Z. et.all. (1997). Penilaian Hasil Belajar. Pusat Antar Universitas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen PendidikanDan kebudayaan.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachman, L.F. (2004). Fundamental Considerations in Language Testing. Oxford: Oxford University Press.

Brown H. (2004). Principle language assessment: principle and classroom practice. Longman: New York

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. (1997). Manual Item And Test Analysis Iteman. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian.

Djiwandono, M. (1996). Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung:ITB

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rusmawan, P. N. (2015). An Analysis Content Validity of Formative Test Item. Journal of education linguistics and literature Vol. 2, No.1 (2015).

Susanto, S.(2010). Syllabus dan RPP. Surabaya: Unesa Universty Press.

Tuckman, B. W. (1975). Measuring Educational Outcome: Fundamental of testing. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.