Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Kuantum Dan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring pada Anak Tunarungu
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran kuantum dan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring pada anak tunarungu. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas IV B SDLB Negeri Banjarsari Wetan Kabupaten Madiun berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperiman semu. Data penelitian diambil dari hasil observasi terhadap siswa, wawancara dengan guru kelas, dan tes tertulis untuk mengukur keterampilan membaca nyaring anak tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring anak tunarungu, adanya pengaruh penggunaan pendekatan metode pembelajaran quantum, dan adanya interaksi antara penggunaan media kartu kata bergambar dan metode pembelajaran quantum dalam peningkatan keterampilan membaca nyaring pada anak tunarungu.
Downloads
Article Details
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Anita,S. (2011). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Ptaktek Jakarta : Rineka Cipta
De Porter, B. et all. (2003). Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang – Ruang Kelas. Terjemahan oleh Ary. Nilandari. Bandung: Kaifa
De Porter, B., & Hernarcki, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyanangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa
Hidayat, R. S. (1990). Pengetesan Kemampuan Membaca Secara Komuniktif. Jakarta : Intermasa
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta :Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi. (2010). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Saleh, S. (1996). Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA
Smart, A. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Katahati.
Somad, P., dan Hernawat, Hi. (1996). Ortopedagogik Anak Tuna Rungu. Jakarta :Deptdikbud
Sudjana. (2002). Desain dan Analisis Eksperimen. Bandung :PT Tarsito
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :PT Remaja Rosdakarya
Tarigan, H. G., (1984). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :ANGKASA
Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.